#gadget, Canonical dalam waktu dekat akan meberikan dukungan aplikasi X11 pada OS Ubuntu Touch yang saat ini telah ada di beberapa perangkat Ubuntu Phone, perusahaan yang berbasis di London tersebut pada MWC (Mobile World Congress) 2016 mendatang akan mengungkap perangkat pertama berupa tablet yang mendukung penggunaan aplikasi X11. MWC 2016 berlangsung antara 22 Februari dan 25, dan Canonical akan berada di sana seperti biasa untuk mempresentasikan karya terbarunya. Tablet Ubuntu akan menjalankan sistem operasi Ubuntu Touch yang saat ini digunakan di beberapa perangkat Ubuntu Phone, dukungan aplikasi X11 pada tablet tersebut akan menjalin kerjasama dengan BQ.


BQ memiliki kemitraan dengan Canonical dengan memperkenalkan dua perangkat Ubuntu Phone untuk komunitas Ubuntu, BQ Aquaris E4.5 Ubuntu Edition dan BQ Aquaris E5 HD Ubuntu Edition.Tablet Ubuntu akan menjalankan aplikasi X11, pengguna akan bisa menjalankan perangkat lunak grafis yang saat ini tersedia di repositori Ubuntu seperti GIMP atau Firefox (seperti yang Anda lihat dari video terlampir di bawah, milik Xataka.com). Sistem operasi mobile Ubuntu Touch akan didasarkan pada OS Ubuntu 16.04 LTS (Xenial Xerus) yang akan dirilis pada tanggal 21 April 2016.



Jika rumor ini benar, tablet BQ Ubuntu bernama Aquaris X10, yang didukung 64-bit MediaTek MTK 8163 Quad-Core processor, layar 1080p 10-inch, RAM 2GB, dan 7.280 mAh baterai yang cukup untuk menjalankan Ubuntu Touch dan aplikasi X11.
 
Top