Zephyr adalah small real-time operating system yang terhubung pada perangkat sumber daya terbatas yang mendukung beberapa arsitektur dan dirilis dibawah lisensi Apache 2.0. Awalnya proyek ini dikembangkan sebagai Rocket kernel oleh Wind River Systems untuk perangkat Internet of Things namun dalam perkembangannya proyek Zephyr ini menjadi proyek Linux Foundation pada bulan Februari 2016.


Berikut adalah beberapa poin penting tentang Zephyr:
  • Scalability: Universality of Interconnected devices
  • Umbrella Platform: All smart devices could run under a single roof.
  • Baby Footprint Kernel: Zephyr kernel can run on 8kb memory devices
  • Modularity: Supports to integrate 3rd party modules for additional functions as intended by the developer.
  • Licensing: As startups does not have to bother about any licensing clash, as a unique license file would be mailed to everyone.
Terlepas dari fitur-fitur khusus, Zephyr juga mendukung teknologi termasuk Bluetooth, Bluetooth Low Energy, IEEE 802.15.4, 6Lowpan, CoAP, IPv4 and IPv6, NFC, Arduino 101, Arduino Due, Intel Galileo' Gen 2, dan NXP FRDM-K64F Freedom board.

Meskipun ada banyak alternatif lain yang tersedia untuk Internet of Things RTOS seperti Brillo dari Google, Rocket dari Intel, dan Ubuntu Inti dari Canonicals, tidak akan menarik seperti Zephyr.

Selain itu Linux Foundation adalah lebih peduli tentang keamanan individu dan umumnya perangkat lunak open source dianggap lebih aman, semua orang dapat memeriksa kekurangan dan debug kode. Pemelihara keamanan akan tersedia melalui IRC Chatting sehingga siapa pun bisa membantu melaporkan kerentanan dalam diskusi terbuka.


 
Top