Perangkat Microsoft semakin populer di pemerintahan Amerika Serikat, tablet Surface diprediksi akan menggantikan dominasi Apple iPad di berbagai departemen Amerika Serikat. Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Giovanni mengungkapkan bahwa penggunaa iPad semakin menurun dari hari ke hari hari yang digantikan dengan permintaan Surface yang terus meningkat dan mencapai rekor baru pada tahun 2015.


Tahun lalu Apple memiliki pangsa 61 persen di pemerintah AS, turun dari 98 persen pada 2012, sementara Microsoft Surface berhasil tumbuh mencapai 25 persen pada 2012 ketika rilis perdananya. Army, Air Force, Justice, Navy, DOI, dan DHS adalah lembaga dimana sebagian besar perangkat Microsoft digunakan, sebelumnya Apple mendominasi semua departemen ini, tetapi penggunaannya terus menurun, Perangkat Surface yang menjalankan Windows hingga kini terus tumbuh pesat.

Adapun alasan perangkat Microsoft menjadi pengganti Apple iPad, Giovanni mengatakan bahwa Windows 10 memainkan peran kunci karena menawarkan peningkatan produktivitas yang mengarah ke hybrid, artinya perangkat Windows 10 Surface dapat digunakan sebagai laptop dan tablet. "Sementara instansi pemerintah, terutama Departemen Pertahanan, meminta solusi dari Silicon Valley, produk harus beradaptasi dengan kebutuhan federal di mana platform operasi Microsoft harus berfokus pada mobilitas dan keamanan".
 
Top