Peneliti keamanan Bastille security firm telah memperingatkan bahwa keyboard dan mouse nirkabel dari tujuh produsen populer termasuk Logitech, Dell, Microsoft, HP dan Lenovo rentan terhadap apa yang disebut dengan MouseJack attacks, MouseJack attacks tersebut memungkinkan hacker dapat menyusup ke miliaran komputer tanpa sepengetahuan korban. Kerentanan terjadi pada penerima radio nirkabel dalam menangani enkripsi, antara dongle dan mouse tidak dienkripsi dengan demikian dongle akan menerima perintah yang tampaknya valid.


Cara Membajak Wireless Mouse dan Hack Komputer, mouse dan keyboard nirkabel berkomunikasi melalui frekuensi radio dengan dongle USB yang dimasukkan ke dalam PC. Dongle kemudian mengirimkan paket data mouse dan keyboard nirkabel ke PC, dari situlah kelemahan terjadi karena tidak adanya enkripsi lalu lintas data antara keyboard dan dongle dalam upaya untuk mencegah spoofing atau pembajakan perangkat.

Kerentanan tersebut dimanfaatkan oleh sebagin hacker untuk menipu mouse dan keybord nirkabel, akibatnya penyerang dapat menginstall malware berbahaya pada komputer korban, Hanya dengan bermodalkan perangkat wireless dongle radio seharga $15 - $30 saja, beberapa baris kode serangan dapat memungkinkan seorang hacker jahat menjangkau komputer korban dengan jarak 100 meter untuk membajak sinyal radio dongle keyboard dan mouse nirkabel.

Hacker akan mengirimkan paket yang menghasilkan penekanan tombol bukannya klik mouse, memungkinkan hacker untuk mengarahkan komputer korban ke server atau situs berbahaya hanya dalam hitungan detik. Selama tes yang dilakukan oleh Bastille security firm, para peneliti mampu menghasilkan 1000 kata / menit melalui koneksi nirkabel dan menginstal Rootkit berbahaya hanya butuh waktu 10 detik. Mereka menguji beberapa mouse Logitech, Lenovo, dan Dell yang beroperasi pada frekwensi 2.4GHz.

 
Top