Anaheim Police Department California - Home of Disneyland - mengakui bahwa mereka menggunakan teknologi pengawasan Cell Phone khusus yang dikenal sebagai DirtBox, kepolisian sengaja memasang alat tersebut pada pesawat untuk melacak jutaan kegiatan pengguna ponsel di wilayah hukum mereka. Lebih dari 400 halaman dokumen baru [PDF] diterbitkan mengungkapkan bahwa kepolisian dan pemerintah federal menggunakan DIRTBox yang dikembangkan oleh Receiver Digital Technology (anak perusahaan Boeing Maryland).


DRTBox adalah teknologi pengawasan militer yang memiliki kemampuan baik setara Teknologi Stingray, dengan alat tersebut memungkinkan polisi untuk melacak, memantau ribuan panggilan ponsel dan diam-diam mengawasi percakapan, email, dan pesan teks serta menurut laporan bawah alat DRTBox ini mampu secara bersamaan mengabaikan ratusan enkripsi komunikasi ponsel.

Selain Dirtbox, polisi juga membeli beberapa perangkat Stingray, termasuk teknologi yang dapat memantau jaringan LTE (Long Term Evolution). Dalam sekali penerbangan, DRTBox mampu mengambil data dari puluhan ribu ponsel dengan dalih memantau aktifitas kriminal, Namun pada kenyataannya alat tersebut bisa juga mengawasi semua aktifitas pengguna ponsel di wilayah tersebut tanpa terkecuali.

Umumnya, DRTBox bekerja dengan menyamar sebagai jaringan bts ponsel. Semua ponsel yang mempunyai rentang jaringan yang ideal dengan DRTBox maka secara otomatis terhubung ke sinyal DRTBox yang kemudian menanggapi sinyal dan mengelabui korban.
 
Top