Meretas akun Facebook adalah salah satu pertanyaan besar di Internet saat ini, Sulit untuk menemukan cara melakukan hack pada akun Facebook seseorang yang diinginkan, namun para peneliti belum lama ini terbukti menemukan cara ampuh meretas akun Facebook hanya dengan mengetahui nomor telepon target dan sedikit keahlian hacking.


Itu betul, akun Facebook Anda dapat diretas dengan mudah dan tidak peduli seberapa kuat password Anda atau berapa banyak langkah-langkah keamanan tambahan yang telah diambil. Hacker dengan keterampilan dapat mengeksploitasi kelemahan jaringan SS7 dan nomor telepon korban sudah bisa digunakan untuk meretas akun facebook.

Kelemahan jaringan telekomunikasi global SS7 tidak hanya membiarkan hacker dan agen rahasia mengetahui semua log telepon pribadi dan SMS namun juga berpotensi membajak akun media sosial yang Anda miliki hanya dengan nomor telepon. Telekomunikasi SS7 atau Signalling System Number 7 adalah protokol signaling telepon yang sedang digunakan oleh lebih dari 800 operator telekomunikasi di seluruh dunia untuk saling bertukar informasi dengan satu sama lain, penagihan lintas operator, roaming, dan fitur lainnya.

Para peneliti dari Positive Technologies, yang baru-baru ini menunjukkan bagaimana mereka bisa membajak akun WhatsApp dan Telegram, serta memberi demo bagaimana meretas akun Facebook menggunakan trik yang sama seperti diinformasikan Forbes. SS7 telah lama dikenal rentan, meskipun enkripsi telah diupdate ke versi yang yang lebih canggih namun kelemahan tersebut tetap saja muncul dan telah ditemukan sejak 2014 ketika tim peneliti di Jerman Security Research Labs memperingatkan dunia untuk itu.

Meskipun operator jaringan tidak dapat menambal lubang kemanan segera, ada baiknya pengguna :
  •  Jangan menghubungkan nomor telepon ke semua situs media sosial, bukan hanya Facebook atau akun media sosial lainnya.
  •  Menggunakan otentikasi dua faktor yang tidak menggunakan teks SMS untuk menerima kode.
  •  Gunakan aplikasi komunikasi yang menawarkan "enkripsi end-to-end" untuk mengenkripsi data.

 
Top