Sunway TaihuLight, superkomputer baru dibangun di Cina, sekarang menempati peringkat superkomputer yang paling kuat di dunia. Selama Konferensi Supercomputer Internasional di Jerman, Top500 menyatakan 10.65 Million-core Sunway TaihuLight sebagai superkomputer tercepat di dunia.


Superkomputer dapat memproses dengan kekuatan 93 petaflops, Sunway TaihuLight hampir tiga kali lebih kuat dari superkomputer sebelumnya - Tianhe-2, yang telah menjadi komputer tercepat di dunia selama 3 tahun terakhir dengan kecepatan 33,9 petaflops per detik. 93 kuadriliun (sepuluh pangkat lima belas) floating point per detik (Flop), yang berarti superkomputer dapat melakukan sekitar 93.000 triliun kalkulasi per detik. Saat ini Sunway TaihuLight superkomputer ditempatkan di National Supercomputing Centre di Wuxi.

Sunway TaihuLight, dengan 10.649.600 core komputasi yang terdiri 40.960 node, adalah salah satu sistem yang paling efisien di dunia, dengan konsumsi daya rendah (menjalankan benchmark HPL) hanya memerlukan 15,37 Megawatt energi. Sunway TaihuLight didukung sepenuhnya oleh prosesor Cina (260-core Shenwei 26.010) dan berjalan pada sistem operasi berbasis Linux kustom. Berbicara tentang daftar TOP500, direktur National Supercomputing Centre, Profesor Dr. Guangwen Yang mengatakan:

Untuk kali pertama superkomputer Cina ini benar-benar didasarkan pada prosesor homegrown, Sunway TaihuLight menunjukkan kemajuan yang signifikan bahwa China telah membuat rancangan dan manufaktur sistem komputasi skala besar"

Di masa lalu, China sangat bergantung pada prosesor Amerika untuk superkomputer, tetapi AS berpikir bahwa Cina menggunakan Tianhe-2 yang dibangun dengan core Intel untuk menjalankan simulasi nuklirnya. Karena alasan ini, pemerintah Amerika Serikat melarang Intel melakukan ekspor prosesor Xeon untuk superkomputer Cina.

Keputusan AS tidak menghentikan kemajuan Cina. Sebaliknya, kebijakan AS telah membuat efek sebaliknya. Untuk pertama kalinya, Cina telah menyusul Amerika Serikat dalam jumlah superkomputer yang digunakan. Cina memiliki 167 komputer, sementara AS memiliki 165. Sunway TaihuLight akan digunakan dalam penelitian ilmiah dan pekerjaan teknik di bidang penelitian ilmu kehidupan, analisis data, manufaktur dan iklim, cuaca dan sistem pemodelan bumi.
 
Top