Google baru-baru ini mengumumkan akan menyertakan fitur pencarian gejala penyakit yang akan memberikan hasil pencarian yang secara signifikan lebih baik kepada penggunanya, fitur ini diterapkan di aplikasi mobile pada Google App. Sebagai contoh, pencarian gejala penyakit adalah reaksi normal ketika seseorang merasa sakit, hanya karena ingin tahu atau karena ingin menyakinkan bahwa penderita tidak menderita kondisi yang rumit. Namun pada kenyataanya, mesin pencari google sebelumnya justru menyediakan hasil yang tidak akurat atau hasil yang terlalu rumit untuk dipahami bagi seseorang yang tidak mengerti dalam bidang medis.


Menurut sebuah posting blog Google, 1% dari pencarian online di Google terkait dengan konten kesehatan di Internet sangat sulit untuk dinavigasi. Itulah mengapa Google memutuskan untuk menyediakan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mencari jenis kondisi kesehatan yang dicari beserta keterangannya.

Ketika pengguna mencari gejala seperti "sakit kepala", Google akan memberikan daftar kondisi terkait sakit kepala dengan deskripsi gambaran, bersama-sama dengan informasi tentang pilihan pengobatan mandiri atau merekomendasikan untuk mengunjungi dokter. Dalam rangka menciptakan fitur baru ini, Google bekerja dengan tim dokter dari Harvard Medical School dan Mayo Clinic di AS, dalam rangka meningkatkan hasil pencarian yang dinginkan oleh pengguna.

Jelas, pencarian ini dimaksudkan untuk tujuan informasi saja dan pengguna harus ke dokter jika dalam kasus gejala yang parah dan berlangsung selama beberapa hari. Update akan mulai bergulir selama beberapa hari ke depan dalam bahasa Inggris, namun fitur ini diharapkan akan tersedia di wilayah lain dengan berbagai macam bahasa.


 
Top