Satellite Hacking seperti yang terdapat pada film Star Wars akan menjadi mimpi buruk, ini mungkin hayalan dan tidak nyata. Sampai sekarang ini perang bintang tidak terjadi dalam kehidupan nyata.., mungkin bisa jadi di galaksi lain. Namun dalam sebuah laporan baru dirilis oleh penelitian entitas yang berbasis di London - Chatham House yang telah berhasil mengungkap bahwa hal tersebut mungkin saja terjadi.


Menurut laporan Chatham House [PDF], serangan yang mungkin terjadi jika hacker individu, rogue states, dan bahkan teroris mencoba mengeksploitasi satelit. Untuk menghindari ini, radical review dari negara-negara di dunia perihal cyber-security perlu dilakukan. Alasannya adalah bahwa saat ini ada berbagai ambiguitas seputar kerentanan satelit.

Kaspersky meng-klaim bahwa Russian Government Hacking Groups berhasil melakukan Hack Satelit.

"Kerentanan satelit dan aset lain untuk serangan cyber sering diabaikan dalam diskusi yang lebih luas dari ancaman cyber terhadap infrastruktur nasional. Ini adalah kegagalan yang signifikan, mengingat masyarakat semakin meningkat terhadap ketergantungan pada teknologi satelit untuk navigasi, komunikasi, penginderaan jauh, pemantauan dan aplikasi lainnya"

Harus dicatat bahwa ground stations, satelit dan kendaraan ruang angkasa yang telah dikirim ke ruang angkasa rentan terhadap segala macam serangan cyber seperti data corruption, cyber-jamming, data hijacking, cyber hijacking, cyber-spoofing dan pencurian data.

Wakil Presiden dari perusahaan keamanan California - Intelligence CrowdStrike - Adam Meyers menginformasikan bahwa baru-baru ini telah terjadi peningkatan aktivitas terhadap sistem satelit terutama dari stasiun televisi Israel di Timur Tengah. Meyers percaya bahwa kegiatan tersebut adalah "the hotbed of attacks", Menurut Meyers "Mereka benar-benar mengganggu dan membajak sistem, bukan untuk intersepsi intelijen."

David Livingstone - Chatham House menyatakan bahwa: "industri luar angkasa adalah dari berpikiran maju, masyarakat yang memimpin pasar dan perlu untuk mengatasi cyber-security. Apa yang kita butuhkan adalah sebuah komunitas internasional yang bersedia mengembangkan standar industri untuk mengembangkan kecepatan dan kelincahan dalam menanggapi cyber-security di ruang angkasa."

 
Top