Internet of Things (IoT) market akan berkembang pesat dalam dekade berikutnya. Kita sudah memiliki 80 miliyar perangkat IoT yang terhubung ke Internet di seluruh dunia dan jumlah ini diperkirakan akan naik mencapai 50 miliar pada tahun 2020. Sementara IoT akan meningkatkan kehidupan bagi banyak orang begitu juga resiko keamanan yang harus ditanggung oleh mereka.


Jumlah risiko keamanan ini akan terus meningkat, memberikan sejumlah hacker memanfaatkan celah untuk mencari kelemahan yang ada. Baru-baru ini tersiar kabar adanya rekor serangan DDoS (Distributed Denial of Service) terhadap penyedia hosting berbasis Prancis OVH yang mencapai lebih dari 1 Terabit per detik (Tbps 1). Serangan itu dilakukan melalui botnet perangkat IOT terinfeksi, dijuluki Mirai Malware.

Dalam upaya untuk menemukan solusi yang dapat membantu admin jaringan memantau perangkat IoT, penelitian non-profit dan organisasi MITRE telah menantang para peneliti untuk datang dengan ide-ide baru dalam upaya untuk mendeteksi perangkat IoT nakal pada jaringan.

Bagi para peneliti yang akan menemukan dan melaporkan kelemahan perangkat IoT dapat memperoleh dana sebesar $ 50.000. Hingga saat ini MITRE IoT telah menciptakan model home network yang akan berfungsi sebagai testbed untuk Challenge. Home network yang kuat ini mencakup berbagai perangkat yang terjangkau dengan karakteristik operasi yang beragam.

Tantangan ini terbuka untuk individual entrepreneurs, tim perguruan tinggi dan perusahaan-perusahaan kecil yang ingin populer di IoT market. Pendaftaran bisa di lakukan saat ini, Tantangan akan dimulai pada awal November selama kurang lebih enam minggu, semua peserta harus menunjukkan solusi yang unik, sederhana dan terjangkau untuk mengidentifikasi perangkat IoT nakal dalam waktu yang singkat.
 
Top