Apple Mac Computers dianggap jauh lebih aman daripada Windows terhadap serangan virus dan malware, namun hal itu terbukti tidak benar. Ini bukan karena Mac OS X semakin parah dalam sistem keamanannya, akan tetapi karena hacker semakin cerdas dalam memecahkan masalah yang dihadapi setiap hari ininya.


Kabar buruk bagi pengguna Mac, belum lama ini dikabarkan bahwa malware menargetkan webcam dan mikrofon untuk semua perangkat laptop Mac. Patrick Wardle, seorang mantan staf NSA yang mengepalai penelitian di perusahaan intelijen keamanan Synack, menemukan cara malware Mac untuk memasuki live feed dari Mac built-in webcam dan mikrofon Anda tanpa deteksi.

Wardle adalah peneliti yang sama yang telah menemukan sejumlah kelemahan keamanan di produk Apple, termasuk cara-cara untuk memotong perlindungan Gatekeeper di OS X. Wardle juga merilis perangkat gratis yang disebut RansomWhere yang diperkenalkan awal tahun ini dengan kemampuan deteksi generik untuk varian ransomware Mac OS X.

Wardle dijadwalkan mempresentasikan temuan barunya ini pada konferensi Virus Bulletin di Denver belum lama ini, bersama dengan penelitian lainnya yang menunjukkan bagaimana malware bisa dengan mudah menyusup pada webcam Anda dalam kegiatan untuk memata-matai korban secara tersembunyi.
 
Top