Facebook mulai menguji fitur end-to-end encryption di Messenger beberapa bulan yang lalu dan tampaknya fitur baru ini telah resmi tersedia untuk semua pengguna Facebook. Ini berarti bahwa sekitar 1 miliar pengguna bisa mendapatkan fitur end-to-end encryption di Messenger mereka. Seperti diinformasikan melalui Wired bahwa Facebook telah mulai meluncurkan fitur baru ini untuk pengguna Messenger. enkripsi end-to-end di Messenger mereka akan menggunakan Signal Protocol yang dibuat oleh Open Whisper Systems dan ditemukan di WhatsApp.


Untuk mengakses enkripsi end-to-end untuk pesan, pengguna hanya perlu memulai Secret Conversation dengan pengguna lain di Messenger. Opsi ini dapat diakses dengan menekan "user profile name" di setiap percakapan atau dengan mengakses ikon di samping nama mereka.Pesan sudah terenkripsi dari satu perangkat ke perangkat lain di Facebook chat application. Untuk memverifikasi apakah pesan dienkripsi, pengirim perlu membandingkan device keys dengan penerima pesan. Jika cocok, maka percakapan dienkripsi. Percakapan ini hanya tersedia di satu perangkat pada satu waktu, Selain itu pengguna memiliki pilihan untuk mengatur timer untuk pesan, dari 5 detik untuk sehari penuh.

Setelah timer berakhir, percakapan akan dihapus secara otomatis. Ini mirip dengan fitur yang ditemukan di WhatsApp. Pengguna tidak akan dapat mengirim GIF atau video dalam percakapan rahasia, tapi gambar dan stiker dapat digunakan sebagai penggantinya.
 
Top