Anda harus menyadari apa yang terjadi dengan server Dyn DNS beberapa hari lalu ketika internet diseluruh dunia lumpuh akibat serangkaian serangan DDoS yang sangat besar. Beberapa perusahaan keamanan IT sudah menyebutkan bahwa serangan tersebut akibat dari Mirai botnet. Tapi dengan berlalunya waktu, peneliti berbagi rincian baru yang mengejutkan tentang serangan DDoS ini.


Terbaru, menurut posting blog resmi oleh Dyn - Chief Strategy Officer - Kyle York, telah mengungkap bahwa serangan terhadap server mereka tidak hanya besar namun canggih dan dalam 10 detik jutaan alamat IP yang dikelolal oleh Dyn lumpuh. Dengan jumlah alamat IP yang begitu banyak lumpuh, beberapa berspekulasi muncul bahwa serangan DDoS baru ini jauh lebih besar dari OVH. OVH mendapatkan serangan DDoS Internet hingga 1 Tbps DDos yang berasal dari 145.000 webcam yang terkena hack.

Dyn mendapatkan temuan lengkap setelah melakukan investigasi untuk menggali fakta-fakta, perusahaan telah menegaskan bahwa serangan itu sangat canggih. Menurut WhiteHatSec, serangan tersebut sangat mengetahui aplikasi apa yang akan mereka serang, mengumpulkan data intelijen untuk menyerang titik-titik penting tertentu dalam target mereka, bukan hanya sistem acak pada jaringan.

Meskipun tidak jelas mengapa serangan ini dilakukan atau tujuan apa di balik serangan ini dilakukan, namun New World Hacker dan RedCult telah mengaku bertanggung jawab terhadap serangan tersebut. Keduanya juga menjanjikan serangan tersebut akan dilakukan lagi dalam waktu dekat ini. Ingat, New World Hacker juga mengaku bertanggung jawab atas serangan 600 Gbps DDoS pada server BBC yang memaksa semua situs offline.

 
Top