Salah satu tindakan yang paling berbahaya dari malware adalah menyalahgunakan kemampuan audio dan video dari host yang terinfeksi untuk merekam aktifitas penggunanya secara rahasia. Mac, tentu saja, tidak kebal dari serangan malware seperti OSX/Eleanor, OSX/Crisis, OSX/Mokes dan malware lainnya, yang semuanya dalam upaya untuk memata-matai pengguna OS X.


Pengawasan terus dilakukan sedemikian rupa untuk memantau sistem korban yang dilakukan melalui mikrofon internal yang diaktifkan, atau built-in webcam yang dapat diakses secara tersembunyi dengan menunggangi beberapa aplikasi seperti FaceTime, Sykpe, Google Hangouts, dll dan merekam audio dan video tanpa pandang bulu.

Patrick Wardle, mantan pekerja NSA telah mengembangkan dan merilis perangkat gratis yang diberinama "OverSight" yang dapat mendeteksi malware yang memanfaatkan webcam dan mikrofon pengguna Mac OS secara diam-diam tersebut, tetapi juga memberitahu Anda ketika adanya permintaan akses webcam Anda, menanyakan apakah Anda ingin memperbolehkan atau memblokir akses pada perangkat.

Aplikasi tersebur bisa didapatkan secara gratis dari situs web Wardle. Sebelumnya, CEO Facebook - Mark Zuckerberg dan Direktur FBI James Comey menutup akses webcam miliknya dengan cara sederhana dengan menutup akses webcam mereka menggunakan selotip.
 
Top