Eko Malware, malware ganas yang menargetkan pengguna Facebook di Perancis beberapa waktu lalu, namun pada kenyataannya malware ini menargetkan pengguna Facebook di seluruh dunia - Jika Anda menerima pesan dari teman Anda dengan link yang mencurigakan JANGAN klik. Malware Eko ini entah bagaimana bisa mendarat di percakapan pribadi dari pengguna Facebook Messenger dan tampaknya dikirim oleh kontak jaringan mereka. Malware ini memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Pesan ini berisi gambar profil atau gambar lain dari penerima
  • Pesan menampilkan nama penerima bersama dengan Video
  • Link ke video YouTube palsu juga tertanam dalam pesan yang berbunyi "xic.graphics" dan muncul tepat di bawah gambar penerima
Menurut Malwarebytes, setelah pengguna menerima pesan dari malware tersebut, kemudian akan ada permintaan untuk instalasi ekstensi browser. Perlu diketahui bahwa permintaan instalasi tersebut datang dari malware Eko.

Malware tersebut saat ini menjadi pusat perhatian media di Perancis karena telah mempengaruhi pengguna Facebook di Perancis. Saat ini tidak ada laporan tentang malware Eko mempengaruhi pengguna Facebook di luar Perancis atau di mana pun di seluruh dunia. Kabarnya, pengguna Facebook di Perancis menghadapi kesulitan karena malware ini selama berminggu-minggu masih menimbulkan masalah.
 
Top