Kritik terbesar Android sejak awal adalah kurangnya mekanisme keamanan yang kuat. Sekarang ini para ahli cybersecurity justru menulai perangkat iPhone lebih aman dari pada Android. Namun, insinyur keamanan Google tidak setuju dengan klaim bahwa Android tidak aman.


Adrian Ludwig, direktur keamanan  Android mengatakan bahwa Android dan iOS identik dengan platform-level capabilities. Dia mengatakan Google Pixel dan iPhone datang dengan sistem keamanan yang baik, namun Android datang dengan sistem keamanan yang jauh lebih baik lagi. "Dalam jangka panjang, ekosistem terbuka Android akan meletakkannya di tempat yang jauh lebih baik," kata Adrian Ludwig kepada Motherboard pada konferensi keamanan baru-baru ini.

Android telah menjadi bagian dari kerentanan keamanan yang paling umum dikenal seperti Stagefright dan QuadRooter. Namun, Ludwig mengatakan kita belum melihat eksploitasi Android menggunakan kerentanan tersebut. Dia menambahkan Safety Net, produk keamanan built-in Android telah memindai lebih dari 400 juta perangkat dan pemeriksaan hampir 6 miliar aplikasi per hari untuk kerentanan dan ancaman keamanan.

Berbicara pada Konferensi Keamanan O'Reilly, Ludwig mengatakan kurang dari 1 persen dari smartphone Android mengandung malware. Dia juga mengakui bahwa Android OEM dan mitra operator perlu meningkatkan siklus pembaruan dan mengadopsi patch keamanan yang lebih cepat. "Kami punya sedikit pekerjaan yang harus dilakukan untuk mendapatkan titik di mana semuanya harus benar dilakukan secara teratur di seluruh ekosistem," kata Ludwig. Aturan Adrian Ludwig tersebut akan menghindarkan Android dari bahaya eksploitasi Android dan percaya Android cukup aman dipergunakan hampir semua orang.
 
Top