Anda tidak akan percaya, tapi ini benar. Microsoft baru saja bergabung dengan Linux Foundation sebagai Platinum member. Cinta Microsoft dengan komunitas open source tumbuh seiring berjalannya waktu. Pada acara Connect pertamanya pada tahun 2013, perusahaan meluncurkan Visual Studio 2013. Setahun kemudian, Microsoft open source NET, dan tahun lalu, open source Visual Studio Code Editor.


Tidak hanya itu, Microsoft juga menjalin mitra dengan Canonical untuk membawa Ubuntu pada Windows 10, bekerja sama dengan FreeBSD untuk mengembangkan Virtual Machine image untuk Microsoft Azure cloud, dan dipilihnya Ubuntu sebagai OS untuk layanan data berbasis Cloud. Pada 2016 ini, tepatnya pada konferensi Connect yang digelar di New York, Microsoft mengumumkan bahwa perusahaan adalah bergabung dengan Linux Foundation sebagai anggota Platinum - keanggotaan tingkat tinggi dengan biaya $ 500.000 per tahun.

Selain itu, Microsoft juga mengumumkan bahwa raksasa teknologi Google juga telah bergabung dengn .NET Foundation. Linux Foundation adalah sebuah organisasi nirlaba yang mengawasi pengembangan sistem operasi bebas yang sangat populer yaitu Linux. Microsoft telah memberikan kontribusi terhadap sejumlah proyek open source, termasuk Node.js Foundation, Open Container Initiative, OpenDaylight, R Consortium, dan Open API Initiative.

Namun, pengumuman Microsoft sebagai member Platinum merupakan sebuah kejutan bagi banyak orang, sebagai sebelumnya mantan petinggi Microsoft - Steve Ballmer pernah berkata, "Linux is a cancer," dalam sebuah wawancara dengan Chicago Sun-Times.

Inilah yang dikatakan Microsoft dalam pengumuman terbaru untuk bergabung dengan Linux Foundation:
Sebagai bagian dari upaya untuk bekerja lebih erat dengan komunitas open source, Microsoft mengumumkan telah bergabung dengan Linux Foundation sebagai keanggotaan Platinum Member. Microsoft di Linux Foundation akan menguntungkan pelanggan melalui peningkatan kerjasama dan inovasi antara ekosistem yang beragam.

Microsoft percaya langkah terbaru akan menguntungkan pelanggan melalui peningkatan kerjasama dan inovasi. Jim Zemlin, direktur eksekutif The Linux Foundation, juga mengakui langkah perusahaan untuk bekerja lebih erat dengan komunitas open-source, mengatakan:
Dengan menjadi anggota Platinum di Linux Foundation, Microsoft lebih mampu berkolaborasi dengan komunitas open source untuk memberikan pengalaman transformatif mobile dan cloud kepada lebih banyak orang. Microsoft telah menjadi kontributor kunci untuk banyak proyek, dan kami melihat perusahaan mengintensifkan keterlibatannya dan berkomitmen untuk open development.

Anggota Linux Foundation Platinum lainnya termasuk Cisco, Huawei, IBM, Intel, Oracle, Qualcomm, Samsung, Fujitsu, HPE, dan NEC. Sementara Gold sponsors diantaranya Google, Facebook.
 
Top