Microsoft baru saja mengumumkan bahwa Visual Studio untuk Mac akan diperkenalkan pada konferensi Connect() menendang pada tanggal 16 November, pengembangan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman coding kepada pengguna Apple seperti mereka pengguna Windows. Secara khusus, Visual Studio untuk Mac dirancang untuk berjalan pada MacOS tapi pada dasarnya sama dengan versi Windows Visual Studio, sehingga pelanggan yang sudah mencoba di sistem operasi Microsoft sendiri harusnya tidak ada perbedaan.


Redmond menjelaskan bahwa UX (User Experience) terinspirasi oleh Visual Studio, tapi telah disesuaikan seperti pada MacOS. Sama seperti pada Windows, Visual Studio untuk Mac hadir dengan Visual Studio Code.

"Kompatibilitas adalah fokus utama dari Visual Studio untuk Mac. Meskipun produk baru dan tidak mendukung semua jenis proyek Visual Studio, namun memiliki kesamaan dalam menggunakan MSBuild dan format proyek yang sama. Jika Anda pengguna MacOS dan Windows, atau beralih antara dua OS itu sendiri, Maka Anda akan bisa mulus berbagi proyek Anda di seluruh platform. Tidak perlu untuk melakukan konversi atau migrasi," Microsoft menjelaskan.

Ini berarti bahwa Visual Studio untuk Mac juga dapat berguna untuk pengembangan proyek-proyek untuk iOS, Android, dan Mac dengan Xamarin, dan server deployment dengan .NET Core dengan Azure integration. Visual Studio untuk Mac dirancang dari awal untuk pengguna mobile, cloud dan merupakan strategi CEO - Satya Nadella di Microsoft sejak ia menggantikan Steve Ballmer.

"Karena hal ini didasarkan pada Xamarin Studio, Visual Studio untuk Mac memiliki dukungan untuk C# berbasis iOS, Android dan Mac development dengan Xamarin Platform. Anda dapat mengambil keuntungan dari C# experience & libraries, dan berbagi kode di seluruh platform, dengan akses penuh ke API" catatan Microsoft.

Visual Studio untuk Mac hadir dengan paket fitur yang sama seperti pada Windows, tapi pengenalan fitur fitur lainnya akan diberikan pada Connect() pekan ini. Penjelasan panjang cara aplikasi bekerja tersedia di MSDN.
 
Top