Oracle baru saja membeli perusahaan penyedia DNS yang meruntuhkan internet bulan lalu. Vendor perangkat lunak Oracle mengumumkan beberapa waktu lalu bahwa Oracle telah membeli cloud-based Internet dan Domain Name System (DNS) - Dyn. Dyn adalah perusahaan yang sama yang mendapatkan serangan (DDoS) beberapa waktu lalu oleh botnet Mirai yang melumpuhkan seluruh jaringan Internet dunia selama beberapa jam, termasuk jaringan situs populer dunia.


Sejak perusahaan menyediakan layanan cloud-based DNS service untuk pelanggan seperti Spotify, Netflix, Twitter dan Pfizer, akuisisi akan membantu Oracle's cloud customers untuk mengoptimalkan biaya infrastruktur dan kinerja. Menurut siaran pers, akuisisi Dyn "memperluas Oracle cloud computing platform dan menyediakan pelanggan perusahaan dengan one-stop shop untuk Infrastruktur-as-a-Service (IaaS) dan platform-as-a-Service (PaaS)."

"Pelanggan Oracle Cloud akan memiliki akses yang unik untuk informasi kinerja Internet yang akan membantu mereka mengoptimalkan biaya infrastruktur, memaksimalkan aplikasi dan pendapatan situs website-driven, dan manage risk," kata Kyle York, kepala strategi Dyn.

Perusahaan mengatakan Dyn DNS sangat scalable dan global DNS bukan hanya komponen inti kritis tetapi juga menyediakan ekstensi alami untuk platform komputasi awan Oracle. Jadi, kesepakatan itu akan membantu cloud customers untuk meningkatkan akses dan page-load speeds untuk situs web mereka menggunakan informasi kinerja internet. Oracle tidak mengungkapkan jumlah nominal akuisisi yang dibayar untuk Dyn, namun sebuah sumber yang dekat mengatakan bahwa nilai kesepakatan berkisar antara $ 600 juta dan US $ 700 juta seperti diinformasikan kepada Fortune. Dan Primack melaporkan bahwa Oracle membayar sekitar $ 600 juta untuk Dyn, meskipun Dyn belum menanggapi pernyataan tersebut.

Oracle di belakang Amazon Web Services (AWS), merupakan pemimpin pasar di infrastructure cloud computing market. Kesepakatan itu akan berpotensi membuat perusahaan bersaing dengan Amazon AWS dan Microsoft Azure - Route 53 dan Azure DNS.
 
Top