Apakah Anda mempertimbangkan kemungkinan seseorang bisa mendengarkan semua percakapan Anda melalui mikrofon pada perangkat smartphone Anda? Kalaupun ini terjadi, bisa jadi sangat menyeramkan. Sebelumnya, CEO Facebook - Mark Zuckerberg dan Direktur FBI - James Comey memberikan solusi terhadap malware yang bisa merekam aktifitas mereka hanya dengan menutup kamera dan mikropon pada laptop dan smartphone mereka menggunakan selotape hitam.


Namun pada kenyataanya sepotong selotape tidak akan membantu Anda, sebagai percobaan terbaru telah membuktikan bahwa betapa mudahnya hacker membajak percakapan pada mikrofon di semua gadget tanpa sepengetahuan korban. Sekelompok peneliti keamanan Israel di Ben Gurion University telah menciptakan bukti (malware) yang dapat membajak percakapan mikrofon dan merekam semua percakapan Anda. Malware tersebut adalah "Speake(a)r," merupakan kode berbahaya (malware) yang dapat mengganggu dan mampu membajak gadget untuk merekam audio bahkan ketika mikrofon dinonaktifkan sekalipun.

"Orang-orang tidak berpikir tentang kerentanan privasi ini," kata ketua peneliti Mordechai Guri kepada Wired. "Bahkan jika Anda menghapus mikrofon komputer Anda"

Speake(a)r sebenarnya memanfaatkan headphone untuk menangkap getaran di udara, mengkonversi ke sinyal elektromagnetik, mengubah fungsi internal jack audio dan kemudian membalik jack input (digunakan oleh mikrofon) ke output jack (digunakan untuk speaker dan headphone). Hal ini memungkinkan hacker untuk merekam audio, meskipun pada kualitas yang lebih rendah.



Malware ini sebenarnya memanfaatkan fitur yang terdapat pada Realtek chip audio codec "retask" yang dimanfaatkan sebagai channel output untuk saluran masukan yang digunakan secara diam-diam. Sejak RealTek chip banyak digunakan pada sistem operasi saat ini, Serangan Speake(a)r sebenarnya efektif bekerja pada semua jenis komputer yang menjalankan Windows atau MacOS dan kebanyakan laptop sangat rentan terhadap serangan tersebut.

Fitur RealTek audio codec chips benar-benar sangat berbahaya, karena tidak dapat dengan mudah diperbaiki. Satu-satunya cara untuk menangani masalah ini adalah mendesain ulang dan mengganti chip di komputer masa depan. Berikut ini sebuah demo video yang muncul di Youtube bagaimana Speake(a)r bekerja. Untuk detil dan teknis penjelasan dari Speake(a)r, Anda dapat melihat melalui [PDF] yang berjudul "Speake(a)r: Turn Speakers to Microphones for Fun and Profit."
 
Top