Pada 8 November 2016 beberapa waktu lalu, SUSE Linux Enterprise 12 memperkenalkan ketersediaan SUSE Linux Enterprise 12 Service Pack 2 yang menitik beratkan pada perbaikan I/O performance improvements, high-performance data analytics support pada IBM Power Systems LC dan OpenPOWER servers, downtime yang lebih baik untuk memori besar pada IBM POWER-based systems, serta dukungan untuk ARMv8-A dan arsitektur Intel Omni-Path.


Terbaru, komunitas menerbitkan sebuah artikel yang sangat informatif tentang SUSE Linux Enterprise Server untuk Raspberry Pi. Port resmi dari sistem operasi SLES (SUSE Linux Enterprise Server) untuk komputer single-board Raspberry Pi tersebut mendukung Raspberry Pi 2 dan perangkat baru Raspberry Pi 3 Model B SBC yang menggunakan Broadcom BCM2837 64-bit A53 ARM processor dan juga mendukung Bluetooth dan Wi-Fi.

"Ya, kami menggunakan sistem enterprise 64-bit, sistem operasi Linux yang banyak digunakan di seluruh dunia untuk mendukung beban kerja di lembaga keuangan, pusat kontrol lalu lintas udara, pusat manufaktur, dan pusat-pusat komputasi kinerja tinggi - dan kami menempatkan os tersebut pada komputer saku berukuran kartu kredit" seperti diinformasikan pengembang SUSE.

Bagi yang penasaran untuk mencoba sistem operasi SUSE Linux Enterprise Server untuk Raspberry Pi ini, perlu diketahui bahwa OS ini menggunakan Btrfs untuk root file system dan IceWM (ICE Window Manager) yang digunakan sebagai lingkungan desktop default. Juga, GCC 6 yang terintegrasi dan direkomendarikan untuk compiling programs dari sumber.

Anda dapat men-download image biner SLES untuk Raspberry Pi sekarang, yang didasarkan pada SUSE Linux Enterprise 12 Service Pack 2, tetapi harap dicatat bahwa SUSE tidak menawarkan dukungan komersial untuk itu. Kabar baiknya adalah bahwa SLES untuk Raspberry Pi datang dengan self-service registration gratis selama satu tahun, hanya saja seperti dikatakan melalui disclaimer bahwa resiko kesalahan penginstalan pada hardware bukan tanggung jawab pengembang SUSE.


 
Top