Teknologi di industri smartphone semakin baik dan lebih baik setiap tahunnya, Seperti Bluetooth misalnya, yang baru saja upgrade ke versi 5.0. Bluetooth Special Interest Group (SIG) baru saja mengumumkan ketersediaan teknologi iterasi kelima, Meskipun Bluetooth 5.0 tersedia mulai hari ini, perangkat pertama yang membawa teknologi ini tidak akan keluar dipasaran sampai pertengahan 2017.


Menurut SIG, teknologi Bluetooth 5.0 memiliki perbaikan besar selama iterasi sebelumnya seperti jangkauan yang lebih jauh, kecepatan yang lebih cepat, serta kapasitas pesan broadcast yang lebih besar. Juga, meningkatkan interoperabilitas dan coexistance dengan teknologi nirkabel lainnya telah dilaksanakan juga.

"Bluetooth merevolusi bagaimana orang mengalami IoT. Bluetooth 5 terus mendorong revolusi ini dengan memberikan koneksi IoT handal dan memobilisasi adopsi beacon yang pada gilirannya akan menurunkan hambatan koneksi dan memungkinkan pengalaman IoT yang lebih baik, " jelas Mark Powell, Direktur Eksekutif Bluetooth SIG.

Bluetooth 5.0 update mendapatkan update empat kali jangkauan, dua kali kecepatan, dan delapan kali kapasitas broadcast message dari versi sebelumnya. Berkat peningkatan kapasitas pesan broadcast, data yang dikirim semakin relevan dan lebih baik serta lebih meningkat. Dengan kecepatan tinggi, pengguna akan lebih responsif, kinerja perangkat semakin tinggi. Juga, jangkauan yang lebih panjang bisa mencakup seluruh rumah dan bangunan, sambil mempertahankan koneksi yang solid dan handal.

Selain itu, Bluetooth 5.0 datang dengan banyak perangkat tambahan yang akan membantu mengurangi kemungkinan timbulnya gangguan teknologi nirkabel lainnya, sehingga menawarkan perangkat Bluetooth dengan koneksi yang lebih stabil. Meskipun Bluetooth 5.0 telah menerima banyak upgrade, teknologi tersebut sangat mengkonsumsi energi yang rendah dan fleksibilitas untuk devs.
 
Top