Sebuah bug baru yang memungkinkan orang yang tidak berhak untuk mengakses iPhone dan iPads jika mereka mengikuti prosedur tertentu yang tidak terlalu rumit. Beberapa dari Anda mungkin telah membaca tentang bug yang memungkinkan seseorang untuk memotong fitur Apple iOS Activation Lock pada iPad dan iPhone yang menjalankan iOS 10.


Menggunakan layanan "Find My iPhone", memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan "Lost Mode" pada perangkat iOS jika perangkat hilang atau dicuri, membuat hal tersebut lebih mudah bagi penyerang untuk memotong fitur Activation Lock yang berada di perangkat iOS.

Ketika perangkat mulai terkunci, pengguna biasanya diminta untuk menghubungkan perangkat ke jaringan Wi-Fi, akan tetapi jika Anda memilih menggunakan "Other Network" dan masukkan string yang sangat panjang dari karakter nama pengguna dan password, maka hal tersebut akan membuat sistem operasi iOS crash, sehingga penyerang dapat dengan mudah mengekspos homescreen perangkat.



Cacat tersebut ditemukan kembali pada Oktober dan ditambal oleh Apple pada versi iOS 10.1.1. Sayangnya, masalah ini tampaknya telah ditangani hanya sebagian karena para peneliti Vulnerability Lab menganalisis masalah kembali muncul pada versi iOS 10.1.1 juga, SecurityWeek melaporkan.

Rupanya, kini Anda dapat melakukan crash OS menggunakan fitur screen rotation dan Night Shift mode. Ini adalah cara termudah untuk mendapatkan akses ke homescreen melewati Apple Activation Lock pada iPhone atau iPad.
 
Top