Masih ingat dengan Shadow Broker? Ya, Shadow Broker adalah sebuah kelompok hacker yang diyakini berada di balik pencurian cyber high-profile - NSA hacking tools & exploits yang memicu perdebatan besar di Internet mengenai kemampuan badan-badan intelijen AS dan keamanan mereka sendiri.


Kelompok tersebut menawarkan hasil curian mereka berupa senjata cyber untuk di lelang, akan tetapi senjata cyber yang mereka tawarkan belum banyak mendapatkan respon untuk beberapa waktu. Namun belum lama ini, The Shadow Broker kembali muncul menawarkan NSA hacking tools & exploits yang dijual langsung di sebuah underground website.

Kabar terbaru, hasil curian yang berisi file tersebut ditandatangani dengan kunci kriptografi oleh The Shadow Broker, hal terserbut menunjukkan kelompok hacker ini menjual alat hacking NSA langsung ke pembeli perorangan, seperti dilaporkan Motherboard.

Belum lama ini, seseorang dengan nama samaran Boceffus Cleetus menerbitkan sebuah posting di Medium (online publishing platform), mengatakan bahwa hacker Shadow Broker sekarang menjual "Tools NSA secara individual."

"Pada situs tersebut juga memungkinkan pengunjung untuk men-download screenshot dan file yang terkait," seperti diinformasikan Joseph Cox melalui Motherboard. "file yang ditawarkan ditandatangani dengan PGP key dengan sidik jari yang identik dengan sampah hasil eksploitasi Shadow Broker pada bulan Agustus."

Blog tersebut berjudul "Are the Shadow Brokers selling tools on ZeroNet?," beserta daftar item, seharusnya dijual di ZeroNet oleh Broker Shadow, dengan judul "ENVOYTOMATO, EGGBASKET, and YELLOWSPIRIT."

ZeroNet adalah jaringan internet desentralisasi yang ddilengkapi dengan kriptografi blockchain sebagai server DNS dan teknologi BitTorrent sebagai file server. Masing-masing item (NSA hacking tools) di situs tersebut dikategorikan ke dalam jenis "eksploitasi," "Trojan," dan "implant" - yang masing-masing dijual dengan harga berkisar mulai 1 sampai 100 Bitcoins (dari $ 780 ke $ 78.000). Siapapun, termasuk hacker yang disponsori negara dengan dana negara, bisa membeli semua eksploitasi dengan harga sekitar $ 780.000.

Jaringan internet desentralisasi : Tipe jaringan yang tidak terpusat, artinya masing-masing cabang maupun pusat berdiri secara mandiri. Tidak ada ketergantungan terhadap server manapun.
 
Top