Layanan email asal Texas - 'lavabit,' terpaksa ditutup pada tahun 2013 setelah tidak mematuhi perintah pengadilan yang menuntut untuk mengakses kunci SSL untuk mengintip email Edward Snowden, beberapa hari lalu tepatnya pada tanggal 20/01/2017 Lavabit kembali diluncurkan kembali.

CEO lavabit - Ladar Levison memiliki hak terhadap semua SSL encryption key pada layanan Lavabit yang jika dipergunakan akan dapat membantu pemerintah Amerika untuk mendapatkan password email Snowden.


Namun, bukannya memenuhi permintaan federal yang dapat membahayakan komunikasi dari semua pelanggan, Levison lebih suka menutup layanan email terenkripsi, meninggalkan pengguna yang berjumlah lebih dari 410.000 pengguna yang tidak dapat mengakses account email mereka.

Sekarang, Levison telah mengumumkan bahwa ia menghidupkan kembali lavabit dengan arsitektur baru dengan perbaikan masalah SSL - yang menurut dia adalah ancaman terbesar - dan termasuk peningkatan fitur privasi yang akan membantu penggunanya mengirim email lebih aman dari penyadapan.

Levison merilis kode sumber untuk end-to-end encrypted global email standard yang menjanjikan surveillance-proof messaging bahkan dapat menyembunyikan metadata pada email untuk mencegah lembaga seperti NSA atau FBI mengetahui dengan siapa pengguna lavabit berkomunikasi.

Diberi nama Dark Internet Mail Environment (DIME), standar akan tersedia pada Github hari ini, bersama dengan program server mail yang terkait disebut Magma, yang siap untuk digunakan dengan Dark Internet Mail Environment.

    "DIME adalah otomatis, federasi, enkripsi standar yang dirancang untuk bekerja dengan penyedia layanan yang berbeda dan meminimalkan kebocoran metadata tanpa otoritas terpusat," kata Levison dalam posting blog. "Dengan enkripsi semua aspek dari transmisi email (body, metadata, dan lapisan transport), DIME menjamin keamanan pengguna dan meminimalisir kebocoran informasi."

Menurut Levison, Magma server dirancang untuk menawarkan sebuah aplikasi yang mudah digunakan sehingga pengguna non-teknis dengan email klien yang dapat menggunakan lavabit dengan mudah.

DIME standar termasuk mode enkripsi 'Trustful', yang mengharuskan pengguna untuk percaya server untuk mengelola enkripsi dan kunci mereka.

    "Server melakukan enkripsi atas nama Anda, dan dengan demikian, Anda harus percaya bahwa server tidak akan ditulis ulang sedemikian rupa untuk menangkap sandi, atau mengintip pesan Anda selama pemrosesan," kata Levison.
 
Top