WhatsApp dan Facebook sejauh ini adalah penyedia end-to-end encrypted video calling network terbesar, namun layanan end-to-end encrypted video calling sekarang ini juga di adopsi oleh Signal Messaging App, aplikasi yang sangat direkomendasikan oleh whistleblower Edward Snowden.


Signal Messaging App secara luas dianggap paling aman dari semua aplikasi messaging terenkripsi lainnya, saat ini pengembang memperkenalkan fitur video calling untuk pengguna Android dan iOS melalui update app terbaru.

Aplikasi ini dikembangkan oleh kelompok pengembang perangkat lunak open source "Open Whisper System", Signal adalah aplikasi messaging gratis dan open source yang dirancang khusus untuk pengguna Android dan iOS untuk membuat komunikasi pesan terenkripsi dan panggilan suara yang lebih terjamin keamanannya. Bahkan Signal Protokol enkripsi end-to-end diadopsi oleh WhatsApp, Facebook Messenger, dan Google Allo pada mode Incognito.

Signal sekarang ini telah menyediakan fitur end-to-end encrypted chat dan voice calling, fitur ini ditambahkan diharapkan dapat lebih memudahkan privasi penggunanya dalam menyampaikan informasi mereka melalui video calling tanpa mengorbankan keamanan yang telah disediakan.

Fitur panggilan video terbaru ini juga dilengkapi dengan dukungan untuk CallKit di perangkat iOS 10, sebuah kerangka kerja baru yang membuat Signal bertindak seperti aplikasi telepon biasa. Callkit di iOS 10 memungkinkan pengguna Signal untuk menjawab panggilan dari satu sentuhan pada saat layar terkunci dan daftar panggilan juga muncul pada "Recent Calls" seperti panggilan pada umumnya.

CallKit adalah opsional, jika pengguna memutuskan untuk opt-in fitur ini, beberapa data mereka mungkin akan sync ke server Apple iCloud seperti diinformasikan Signal pseudonim lead designer - Moxie Marlinspike menjelaskan dalam sebuah blog pos. Saat ini, fitur Signal video calling berada dalam versi beta, yang berarti pengguna harus mengaktifkan fitur secara manual untuk panggilan video.
 
Top