Bayangkan sebuah hard drive berukuran saku mampu menyimpan daftar lagu sebanyak 35 juta lagu dalam satu hard drive?, namun hal tersebut ternyata belum praktis untuk ukuran penyimpanan yang diinginkan dimasa depan, keingin penympanyan yang besar ternyata saat ini sedang diwujudkan oleh para ilmuwan IBM yang baru saja mengambil langkah besar dalam meningkatkan teknologi komputasi yaitu para peneliti IBM baru saja menemukan cara untuk menyimpan data pada atom tunggal.


Penyimpanan data sekarang ini sedang mengalami evolusi yang sangat dramatis, baru-baru ini para peneliti berhasil menyimpan data digital termasuk keseluruhan sistem operasi, film didalam untai DNA. Hasil penelitian yang diciptakan oleh IBM Research tersebut di umumkan oleh para peneliti yang telah mengembangkan magnet terkecil di dunia menggunakan atom tunggal dan paket data tersebut tersimpan dalam satu bit data digital.

Saat ini, hard drive menggunakan sekitar 100.000 atom untuk menyimpan satu bit informasi - 1 atau 0 - menggunakan metode tradisional. Jadi, terobosan ini bisa memungkinkan orang untuk menyimpan informasi 1.000 kali lebih dalam jumlah ruang yang sama di masa depan.



Penemuan yang dijelaskan dalam jurnal Nature tersebut memperingati 35 tahun sejarah nanoteknologi di IBM, termasuk mereka pemenang hadiah Nobel  scanning tunneling microscope (STM) yang digunakan untuk membangun hard drive atom.

Para ilmuwan menggunakan atom tunggal dari unsur tanah yang disebut holmium yang ditempatkan pada permukaan magnesium oksida, yang membuat kutub utara dan selatan dalam arah yang stabil. Dua orientasi magnetik yang stabil menentukan 1 dan 0 bit.

Para peneliti kemudian menggunakan jarum kecil yang dilalui arus listrik melalui atom holmium dalam upaya untuk membalik kutub utara dan kutub selatan, sehingga mereplikasi proses penulisan data biner (1 dan 0) ke hard drive magnetik tradisional.

Para peneliti kemudian membaca data dengan mengukur sifat elektromagnetik dari atom pada suatu titik. Mereka juga menunjukkan bahwa dua atom magnetik dapat ditulis dan dibaca secara independen bahkan jika dipisahkan dalam jarak satu nanometer.
 
Top