Pada akhir bulan Februari, 2017, Raspberry Pi Foundation merayakan ulang tahun kelima dengan produk populernya yaitu single-board computer (SBC) dengan merilis Raspberry Pi Zero W.

Raspberry Pi Zero W adalah varian dari Raspberry Pi Zero yang memiliki dukungan onboard wireless LAN dan Bluetooth. Raspberry Pi Zero W diproduksi khusus untuk melengkapi Raspberry Pi Zero yang belum mendukung konektivitas nirkabel dan juga Bluetooth 4.


"Sudah lima tahun sejak kami meluncurkan Raspberry Pi, kami telah menjual seratus ribu unit di hari pertama, dan hingga saat ini telah mencapai produksi lebih dari dua belas juta unit. Untuk merayakan, kami mengumumkan produk baru yaitu Raspberry Pi Zero W, " kata Eben Upton, pendiri Raspberry Pi.



"Spesifikasi teknis dari Raspberry Pi Zero W"

Spesifikasi Raspberry Pi Zero W termasuk single-core prosesor berjalan pada kecepata 1GHz, menggunakan RAM 512MB, LAN nirkabel 802.11n yang didukung oleh chip nirkabel Cypress CYW43438 yang juga digunakan dalam Raspberry Pi 3 Model B SBC, HAT-compatible 40-pin header, port mini-HDMI, micro-USB OTG (On-the-Go) port, dan micro-USB power.

Varian Zero terbaru juga dilengkapi dengan port video komposit dan reset header, serta konektor kamera CSI. Raspberry Pi Foundation percaya bahwa Raspberry Pi Zero W dapat memenuhu kebutuhan pengguna saat ini, serta lebih banyak skenario yang dapat dilakukan dari pada perangkat Raspberry Pi Zero.

Berbicara tentang harga, Raspberry Pi Zero W datang dengan label harga $ 10, disertai casing resmi produksi Kinneir Dufort dan T-Zero. Pengguna Raspberry sekarang ini bisa mendapatkan langsung perangkat Raspberry Pi Zero W di pi3g Jerman, Kubii di Perancis, Italia, Spanyol, dan Portugal, Kiwi Electronics di Belanda, Luksemburg, dan Belgia, ModMyPi di UK, Samm Teknoloji di Turki seperti diinformasikan melalui pengumuman resmi.
 
Top