Sebuah smartphone rata-rata sekarang ini dilengkapi dengan beragam sensor seperti GPS, Camera, microphone, accelerometer, magnetometer, proximity, gyroscope, pedometer, dan NFC. Menurut sebuah tim ilmuwan dari Newcastle University di Inggris, hacker dapat berpotensi menebak PIN dan password - deangan tingkat akurasi yang sempurna dengan memantau sensor ponsel Anda, seperti sudut dan gerakan ponsel saat Anda mengetik.




bahaya datang karena situs-situs berbahaya dan aplikasi mengakses sensor internal smartphone tanpa meminta setiap izin untuk mengaksesnya - tidak peduli Anda mengakses website melalui HTTPS untuk memasukkan password Anda. Aplikasi smartphone biasanya meminta izin untuk memberikan akses ke sensor seperti GPS, kamera, dan mikrofon.

Karena ledakan game mobile dan aplikasi kesehatan serta kebugaran selama beberapa tahun terakhir, sistem operasi mobile tidak membatasi aplikasi yang diinstal untuk mengakses data dari kebanyakan sensor gerak seperti GPS, Camera, microphone, accelerometer, magnetometer, proximity, gyroscope, pedometer.

Setiap aplikasi berbahaya dapat menggunakan data ini untuk tujuan jahat.

    "Kebanyakan smartphone, tablet dan perangkat yang dapat dikenakan lainnya sekarang dilengkapi dengan banyak sensor, dari GPS, Camera, microphone, accelerometer, magnetometer, proximity, gyroscope, pedometer," Dr. Maryam Mehrnezhad , peneliti the paper's.

    "Tetapi karena aplikasi mobile dan website tidak perlu meminta izin untuk mengakses sebagian besar dari mereka, program jahat secara terselubung dapat 'mendengarkan' pada data sensor Anda dan menggunakannya untuk menemukan berbagai informasi sensitif perangkat smartphone, kegiatan fisik dan bahkan touch action, PIN dan password."
 
Top