No More Ransom, menjadi acaman serius bagi pembuat ransomware., Kampanye tersebut diluncurkan kurang dari setahun yang lalu, proyek No More Ransom (NMR) telah meningkatkan kapasitasnya dalam memerangi ransomeware bersama mitra baru dengan memperkenalkan alat dekripsi untuk kampanye global ransomware.

Dimulai sebagai sebuah inisiatif bersama oleh Europol, Kepolisian Belanda, McAfee dan Kaspersky Lab, No More Ransom adalah sebuah inisiatif lintas industri anti-ransomware untuk membantu korban ransomware dalam memulihkan data mereka tanpa harus membayar uang tebusan untuk penjahat cyber pencipta ransomeware.


Website secara online tidak hanya mendidik pengguna komputer untuk melindungi diri dari ransomware, tetapi juga menyediakan free decryption tools. Sejak Desember, lebih dari 10.000 korban dari seluruh dunia telah mampu mendekripsi perangkat mereka tanpa harus mengeluarkan sepeser pembayaran kepada penyerang, dengan menggunakan free decryption tools yang tersedia secara gratis.

Statistik menunjukkan bahwa sebagian besar pengunjung situs berasal dari Rusia, Belanda, AS, Italia, dan Jerman. Aplikasi tersebut sekarang ini tersedia dalam 14 bahasa dan terdapat setidaknya lebih dari 40 host yang menyediakan free decryption tools, yang disediakan oleh berbagai organisasi anggota yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mendekripsi file mereka yang telah dikurung oleh strain tertentu dari ransomware.

No More Ransom juga tergabung dengan tiga puluh organisasi baru, termasuk Avast, CERT Polska dan Eleven Paths (the Telefonica Cyber Security Unit), yang menunjukkan bahwa ancaman tersebut merupakan masalah bagi seluruh dunia yang perlu diperjuangkan bersama. Inisiatif ini juga disambut hangat oleh organisasi penegak hukum dari Interpol, Australia, Belgia, Israel, Korea Selatan, Rusia, dan Ukraina. Sejak Desember 2016, 15 alat ransomware dekripsi baru telah ditambahkan ke portal online dengan organisasi mitra, menawarkan kemungkinan dekripsi lebih kepada para korban:
  • VAST: Alcatraz Decryptor, Bart Decryptor, Crypt888 Decryptor, HiddenTear Decryptor, Noobcrypt Decryptor and Cryptomix Decryptor
  • Bitdefender: Bart Decryptor CERT Polska: Cryptomix/Cryptoshield decryptor
  • CheckPoint: Merry X-Mas Decryptor and BarRax Decryptor
  • Eleven Paths: Telefonica Cyber Security Unit: Popcorn Decryptor.
  • Emsisoft: Crypton Decryptor and Damage Decryptor.
  • Kaspersky Lab: Updates on Rakhni and Rannoh Decryptors.
Sebelumnya tersedia dalam bahasa Inggris, Belanda, Perancis, Italia, Portugis dan Rusia, No More Ransom kini menambahkan bahasa baru termasuk Finlandia, Jerman, Ibrani, Jepang, Korea, Slovenia, Spanyol dan Ukraina. Bahasa lain diharapkan akan tersedia segera untuk membantu korban di seluruh dunia.
 
Top