Situs torrent terpopuler kedua di dunia, EkstraTorrent, telah ditutup secara resmi. Sebelumnya, website ET setelah menghadapi beberapa downtime selama akhir pekan, situs tersebut mengumumkan bahwa mereka menutup melalui pesan singkat di halaman depan website resmi ET.


"EkstraTorrent dengan semua mirror offline, kami menghapus semua data secara permanen. Jauhi situs dan kloning ExtraTorrent yang salah," seperti yang tertulis pada website resmi.

Keputusan untuk menutup adalah langkah mengejutkan, terutama karena situs ini memiliki begitu banyak pengguna. Mereka yang mengunjungi situs ini disambut oleh pesan tersebut di atas, yang membuat mereka kebingungan.

TorrentFreak telah melakukan kontak dengan operator situs tersebut, SaM yang mengkonfirmasi bahwa ini adalah akhir dari website mereka. "Sudah waktunya kita mengucapkan selamat tinggal," katanya, namun tidak menjelaskan secara rinci mengapa situs tersebut dimatikan, apa yang terjadi dan jika ada kaitan antara shutdown dan downtime server yang terjadi beberapa hari yang lalu.

EkstraTorrent didirikan pada bulan November 2006, menjadikannya salah satu situs BitTorrent tertua hingga saat di tutup. Saat itu, situs seperti Mininova mendominasi penyedia torrent, pada saat itu dengan kematian Mininova, ExtraTorrent mulai tumbuh semakin besar.

EkstraTorrent sangat baik dam berhasil menjangkau pengguna yang jauh lebih banyak daripada yang pernah dimiliki pendahulunya. Laporan menunjukkan bahwa ExtraTorrent berhasil dikunjungi hingga beberapa juta view setiap harinya, dan merupakan satu-satunya situs yang memiliki pengunjung lebih banyak dari The Pirate Bay.

Hingga saat ini belum ada kejelasan perihal shutdown situs ET, namun banyak situs sejenis shutdown akibat tekanan hukum. Mengingat bahwa cara situs serupa lainnya telah shutdown.
 
Top