Microsoft telah menerbitkan pembaruan darurat untuk versi Windows yang hanya mendapatkan dukungan khusus untuk memblokir serangan yang sedang berlangsung saat ini yaitu serangan ransomware WannaCry (ditandai oleh Microsoft sebagai Ransom:Win32/WannaCrypt). Pengguna Windows XP, Windows 8, dan Windows Server 2003 dapat mendownload patch dari Katalog Pembaruan Microsoft, dan raksasa perangkat lunak tersebut telah merekomendasikan kepada setiap orang untuk memperbarui sistem mereka sesegera mungkin, mengingat semakin banyaknya serangan dan korban yang berjatuhan di seluruh dunia.


Infeksi WannaCry pertama kali terlihat di Eropa, terjadi pada organisasi di beberapa negara, termasuk Inggris dan Spanyol, menjadi sasaran kejamnya ransom tersebut. Sistem Kesehatan Nasional Inggris terkena dampak ransomware, yang kemudian mulai menyebar di seluruh Amerika Serikat juga. Infeksi ini didasarkan pada kerentanan Windows yang semula dimanfaatkan oleh NSA dan sempat dibocorkan pada awal tahun ini oleh kelompok hacker Shadow Brokers. Microsoft menjelaskan bahwa versi Windows masih mendapatkan dukungan, termasuk Windows 7, 8.1, dan 10, dengan update terbaru yang terinstal dan definisi virus Windows Defender terbaru.

"Hindari membuka email dari sumber yang tidak tepercaya"

Di sisi lain, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows 8 tidak lagi didukung, dan mereka tidak mendapatkan update Windows terbaru, jadi Microsoft memutuskan untuk menerbitkan patch darurat ini, mengingat serangan tersebut berskala besar.

"Kami juga tahu bahwa beberapa pelanggan kami menjalankan versi Windows yang tidak lagi menerima dukungan update. Itu berarti pelanggan tersebut tidak akan menerima Pembaruan Keamanan yang dirilis pada bulan Maret. Mengingat dampaknya serangan terhadap pelanggan dan bisnis mereka sangat besar, kami membuat keputusan untuk membuat Pembaruan Keamanan untuk platform dalam dukungan khusus saja seperti pada Windows XP, Windows 8, dan Windows Server 2003 dan tersedia untuk diunduh secara gratiis"  jelas Microsoft.

"Keputusan ini dibuat berdasarkan penilaian situasi saat ini, dengan prinsip melindungi ekosistem pelanggan secara keseluruhan."

Perusahaan kemudian menyatakan bahwa beberapa serangan menggunakan taktik phishing dengan lampiran berbahaya, sehingga pengguna harus menghindari pembukaan file-file yang tidak kelas, terutama jika berasal dari sumber yang tidak dipercaya atau tidak dikenal. Patch darurat untuk versi Windows yang tidak didukung dapat ditemukan di sini: Windows Server 2003 SP2 x64Windows Server 2003 SP2 x86, Windows XP SP2 x64Windows XP SP3 x86Windows XP Embedded SP3 x86Windows 8 x86, dan Windows 8 x64.
 
Top