Symantec Corporation telah berhasil mengamankan paten baru yang akan membantu penggemar torrent mengetahui apakah file yang akan di download file aman atau tidak. Sementara industri musik dan film mengecam keberadaan torrents dan telah mengajukan tuntutan hukum untuk melarang situs yang memungkinkan orang mengakses konten bajakan, realita yang ada adalah konten seperti itu tidak akan pernah hilang dan situs torrent akan tetap muncul, Begitu sebuah situs down, situs baru yang lain akan muncul sebagai gantinya.


Symantec telah mendapatkan hak paten yang akan menginformasikan kepada mereka yang mendownload torrents apakah file tersebut palsu, atau apakah ada malware yang disembunyikan di sana, atau konten scammy lainnya, seperti diinformasikan  TorrentFreak.

Paten membahas tentang sistem yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi torrents palsu dan file yang terinfeksi malware, yang merupakan masalah pasti untuk situs yang tak terhitung jumlahnya di luar sana.

"Sementara protokol BitTorrent merupakan metode populer untuk mendistribusikan file, protokol ini juga merupakan sarana umum untuk mendistribusikan perangkat lunak berbahaya. Sayangnya, situs hosting torrent umumnya gagal memberikan informasi yang memadai untuk memperkirakan dengan andal apakah file tersebut dapat dipercaya atau tidak," tulis paten tersebut.

Symantec, perusahaan di belakang antivirus Norton, telah hadir dengan solusi moderasi torrent otomatis yang dapat menilai kepercayaan torrents dan mencekal konten yang mencurigakan sebagai upaya untuk melindungi pengguna dari torrents berbahaya.

"Misalnya, jika entitas terlibat dalam beberapa transaksi torrent yang melibatkan file target yang terinfeksi malware, informasi reputasi yang terkait dengan entitas dapat mengindikasikan bahwa entitas memiliki reputasi buruk, kemungkinan besar bahwa file target mewakili potensi Risiko keamanan, "catatan Symantec.

Sistem kemudian dapat mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga agar pengguna tetap aman, apakah itu menghapus file yang mencurigakan atau memblokir semua lalu lintas jaringan terkait, mengarantina file target dan sebagainya.
 
Top