Seberapa sering Anda mengklik tombol 'back' atau 'Home' pada perangkat mobile Anda agar segera keluar dari aplikasi? Pastinya Anda lebih sering menggunakannya karena sejumlah besar aplikasi tidak memiliki tombol keluar untuk secara langsung memaksa-menutupnya. Terkadang pengguna Android menggunakan tombol back untuk membawa mereka kembali ke halaman sebelumnya, dengan harapan segera keluar dari aplikasi secepatnya.


Aktifitas pengguna seperti itu sangat tidak disarankan apalagi mayoritas pengguna berurusan dengan kinerja rendah perangkat mobile mereka dan percaya bahwa mengklik kembali tombol beberapa kali akan membunuh aplikasi dan akan mendapatkan kembali memori yang fresh. Google sekarang telah membahas masalah ini dan menyertakan fitur tersebut di dalam Android 7.1 Nougat yang memungkinkan pengguna keluar dari aplikasi dengan menekan tombol 'back' berturut-turut dalam 0,3 detik selama lebih dari empat kali.

Dijuluki "Panic Detection Mode," fitur ini berjalan di latar belakang sistem operasi Android dan mendeteksi panik ketika pengguna berulang kali menekan tombol kembali pada smartphone mereka untuk keluar dari sebuah aplikasi dan mengarahkan kembali pengguna ke home screen. Sementara Google tidak secara terbuka membuat pengumuman tentang fitur Panic Detection Mode, Pengembang XDA kemarin menemukan fitur di dalam kode sumber Android 7.1 Nougat. Sejak saat itu sejumlah media menguraikan Panic Detection Mode pada Android 7.1 Nougat sebagai fitur keamanan yang melindungi perangkat Android dari aplikasi berbahaya.

Fitur tersebut dikembangkan oleh para insinyur Google dalam upanya untuk membantu pengguna Android dalam beberapa kasus untuk membunuh aplikasi nakal secara instan sebagai alternatif saja, jika pengguna dapat mengidentifikasi aplikasi berbahaya secara cepat dan ingin menghapusnya secara manual. Jadi, fitur ini juga berguna jika aplikasi berbahaya mengambil kendali atas tampilan pada perangkat Android pengguna.

Fitur 'Panic Detection Mode' saat ini terbatas pada perangkat yang menjalankan Android 7.1 Nougat, dan tidak tersedia untuk semua pengguna Android, ditunjukkan oleh Pengembang XDA. Fitur ini juga perlu diaktifkan secara manual oleh pengguna. Google terus memberikan perbaikan sistem dalam upaya untuk menjaga agar sistem operasi Android tetap aman dan aman, namun perangkat lunak perusak dan virus masih berhasil masuk ke platformnya, terutama melalui aplikasi berbahaya bahkan di Play Store milik Google sendiri.

Tampaknya Google juga memiliki rencana untuk mengimplementasi lebih luas dari fitur 'Panic Detection Mode' tersebut di versi Android OS yang akan datang dan kemungkinan besar akan membuatnya diaktifkan secara default di rilis mendatang.
 
Top