Raspberry Pi Foundation baru-baru ini mengupdate GPIO Zero API untuk komputer single board Raspberry (SBCs) ke versi 1.4, menerapkan beberapa fitur dan perbaikan baru. GPIO Zero adalah API (Application Programming Interface) yang membantu pengembang dan produsen perangkat untuk mengendalikan perangkat GPIO dengan mudah dalam bahasa pemrograman Python, dan versi 1.4 sekarang tersedia untuk semua pengguna OS Raspbian.


Pertama, sekarang ada baris perintah "pinout" yang terdapat di dalam GPIO Zero API, yang menjanjikan kemudahan bagi Anda untuk mencoba berbagai gaya pemrograman sehingga Anda dapat menulis kode yang lebih kompleks dan tentunya akan menambah ketrampilan dalam coding Anda.

"Kami telah membuatnya mudah seiring dengan kurva belajar menuju teknik pemrograman yang lebih maju," kata Ben Nuttall, Manager Komunitas Raspberry Pi."Misalnya, jika Anda ingin menekan tombol tekan LED, cara termudah untuk melakukan ini. Adalah melalui pemrograman prosedural menggunakan "while" loop." "Perpustakaan Python baru membiarkan Anda mengendalikan hal-hal dari Raspberry Pi"

Ada juga perpustakaan Python baru yang disebut "Blue Dot," yang dibuat oleh Martin O'Hanlon, yang menjanjikan agar Anda bisa mengendalikan hal-hal di Raspberry Pi pada perangkat Android Anda. API tersebut dapat dengan mudah dihubungkan ke perangkat GPIO dan sepertinya sangat mirip dengan GPIO Zero.

GPIO Zero sekarang mendukung beberapa perpustakaan GPIO tingkat rendah, seperti RPIO atau pigpio, bukan RPi.GPIO default. Hal hebat yaitu tersedianya perpustakaan pigpio yang memungkinkan koneksi jarak jauh untuk mengendalikan pin Raspberry pada jaringan yang sama atau pin GPIO dari Pi Raspberry lainnya.

Anda sekarang ini sudah memiliki semua yang Anda butuhkan untuk remote control pin GPIO dari Raspberry Pi Anda jika Anda menjalankan sistem operasi Raspbian x86 di komputer pribadi Anda, dan Anda juga dapat menginstal versi mandiri GPIO Zero. Pada PC Anda menggunakan pip installer.

Pengguna OS Raspbian dapat mulai menggunakan GPIO Zero 1.4, untuk melakukan update jalankan perintah "sudo apt update && sudo apt upgrade" di emulator terminal. Lihat artikel blog yang diposting oleh Ben Nuttall untuk belajar bagaimana menggunakan GPIO Zero dan memperbaiki keterampilan coding Anda saat meng-hack Raspberry Pi.
 
Top