WikiLeaks baru saja meluncurkan proyek rahasia CIA lainnya, yang diberi nama 'Dumbo', yang merinci bagaimana agen CIA membajak dan memanipulasi Webcam dan mikrofon dengan gaya Hollywood "untuk mendapatkan dan memanfaatkan akses fisik ke komputer target dalam operasi lapangan CIA."


Proyek Dumbo - CIA melibatkan USB thumb drive yang dilengkapi dengan alat hacking Windows yang dapat mengidentifikasi Webcam dan mikrofon yang terpasang, terhubung secara lokal, terhubung kabel atau nirkabel melalui Bluetooth atau Wi-Fi. Setelah diidentifikasi, program Dumbo memungkinkan agen CIA untuk:
  •     Mem-bisukan semua mikrofon
  •     Nonaktifkan semua adapter jaringan
  •     Menangguhkan proses yang menggunakan perangkat perekaman kamera
  •     Selektif merusak atau hapus rekaman
Namun, ada dua ketergantungan untuk operasi tersebut agar sukses yaitu  Program Dumbo membutuhkan privilege level SYSTEM untuk dijalankan. USB drive harus tetap dicolokkan ke sistem selama pengoperasian untuk mempertahankan kontrol terhadap perangkat pengintai yang terhubung.

Proyek ini digunakan oleh CIA Physical Access Group (PAG) - cabang khusus di Pusat Intelijen Cyber ​​(CCI) yang bertugas untuk mendapatkan dan memanfaatkan akses fisik ke komputer target dalam operasi lapangan CIA. Pekan lalu, WikiLeaks menerbitkan proyek CIA lainnya yang dijuluki 'Imperial', yang mengungkapkan setidaknya 3 alat hack yang dikembangkan CIA yang dirancang untuk menargetkan komputer yang menjalankan Apple Mac OS X dan beragam sistem operasi Linux. Sejak bulan Maret, WikiLeaks telah menerbitkan 19 batch seri "Vault 7", yang mencakup kebocoran terbaru dan terakhir.
 
Top