OurMine Security Group adalah security hacker group asal Saudi Arabia. OurMine sekali lagi menjadi berita utama karena telah berhasil melanggar layanan streaming video populer Vevo. Setelah memburu akun media sosial HBO dan merusak situs WikiLeaks, kelompok hacker topi putih yang memproklamirkan diri dengan baik, OurMine telah meretas Vevo dan membocorkan sekitar 3,12 TB file internal.


Vevo adalah perusahaan patungan antara Sony Music Entertainment, Universal Music Group, Abu Dhabi Media, Warner Music Group, dan perusahaan induk Google Alphabet Inc. OurMine berhasil mendapatkan data "sensitif" Vevo termasuk dokumen kantor internal, video dan materi promosi setelah  berhasil menyusup ke server Vevo. Kelompok tersebut kemudian memasang dokumen curian (sekitar 3,12 terabyte) dari Vevo di situsnya, namun kemuadian OurMine menghapus informasi yang dicuri dari situsnya perihal Vevo.

Meskipun tidak jelas apa yang mendorong OurMine untuk melumpuhkan Vevo, kelompok tersebut mencatat di situsnya bahwa pada awalnya ia mencoba untuk memperingatkan Vevo mengenai pelanggaran tersebut secara pribadi, namun ketika salah satu karyawan Vevo menjawab, "F *** off, you don't have anything," yang kemudian OurMine memperlihatkan data Vevo go public.

Menurut Variety, file yang dicuri termasuk catatan sekitar 90 artis, termasuk Britney Spears, Jennifer Lopez, Taylor Swift, Justin Bieber, Katy Perry, Madonna, Calvin Harris, Ariana Grande, Florida Georgia Line, One Direction, Sia, The Weeknd, dan U2. Pelanggaran tersebut pertama kali dilaporkan oleh Dell Cameron dari Gizmodo, yang mengatakan bahwa konten Vevo yang bocor tampaknya "cukup ringan," yang berisi "grafik musik mingguan, konten media sosial yang telah direncanakan sebelumnya, dan berbagai rincian tentang para seniman yang berada di bawah manajemen perusahaan rekaman. "

Tidak jelas berapa lama para hacker telah mengakses sistem Vevo, bagaimana mereka berhasil mendapatkan akses ke server, atau apakah mereka memiliki informasi tambahan lainnya, seperti keuangan, email, dan kata kunci. Vevo telah mengkonfirmasi insiden keamanan tersebut, dengan mengatakan bahwa perusahaan tersebut "dapat memastikan bahwa Vevo mengalami pelanggaran data akibat penipuan phishing melalui Linkedin. Kami telah membahas masalah ini dan menyelidikinya"

Perusahaan juga memastikan pelanggaran tersebut tidak berdampak pada keamanan kantornya di Inggris. OurMine adalah kelompok hacker yang sama yang dikenal dengan hacking high-profile dan perusahaan, termasuk CEO Facebook Mark Zuckerberg, CEO Google Sundar Pichai, CEO Twitter Jack Dorsey, Game of Thrones, Jaringan PlayStation (PSN) Sony, Netflix, WWE , HBO, dan WikiLeaks. OurMine adalah kelompok white hat hackers Arab Saudi yang mempopulerkan dirinya dengan mengambil alih situs dan akun media sosial dari target profil tinggi dan kemudian mendorong mereka untuk menghubungi mereka untuk membeli layanan keamanan TI mereka dalam upaya melindungi diri mereka dari serangan cyber masa depan.
 
Top