Menurut MacRumors, peretas dapat mengunci perangkat Mac dan iPhone dari jarak jauh hanya dengan menggunakan fitur "Find My iPhone" iCloud dan menuntut pembayaran tebusan. Beberapa pengguna Mac telah melaporkan minggu ini, melalui akun Twitter mereka, bahwa Mac dan iPhone mereka terkunci dengan sebuah pesan yang meminta membayar sejumlah uang tebusan melalui Bitcoin jika mereka ingin menerima kode untuk membuka perangkat Apple yang telah terinfeksi.


Hal buruknya adalah, peretas akan mengabaikan Anda mengaktifkan autentikasi dua faktor atau tidak, karena peretas hanya mengeklik fungsi "Find My iPhone" yang tersedia di situs web iCloud.com agar mengunci perangkat dari jarak jauh. , melewati otentikasi dua faktor. Dengan akses ke username dan password pengguna iCloud, hacker dapat menggunakannya untuk "mengunci" Mac dengan kode akses meskipun autentikasi dua faktor diaktifkan, dan itulah yang terjadi sekarang ini.

Apa yang harus dilakukan? Anda dapat dengan cepat menonaktifkan fitur Find My iPhone dengan masuk ke Settings, tekan nama Anda jika Anda menjalankan iOS 11, kemudian akses pengaturan iCloud dan matikan Find My iPhone. Masukkan kata sandi Anda untuk menonaktifkannya. Di Mac Anda, Anda dapat menonaktifkan Find My Mac dari panel iCloud di System Preferences.

Hal kedua yang perlu Anda lakukan untuk melindungi akun iCloud Anda adalah segera mengubah kata sandi Apple ID Anda. Buat yang baru menggunakan berbagai alat yang Anda inginkan dan simpan di tempat yang aman. Selain itu, jangan lupa mengaktifkan autentikasi dua faktor jika belum aktif di akun Anda. Produk seperti 1Password, LastPass, dan bahkan Apple sendiri iCloud Keychain adalah cara ideal untuk menghasilkan dan menyimpan kata sandi baru.
 
Top