Belum lama ini Google menyediakan berbagai fitur canggih seperti alert login dan otentikasi dua faktor untuk menjaga akun Google Anda aman dari serangan penjahat cyber. Namun, jika Anda ekstra paranoid, Google baru saja memperkenalkan fitur keamanan terkuat yang disebut dengan nama "Advanced Protection," yang membuat lebih mudah bagi pengguna dalam melindungi akun Google dari risiko tinggi serangan online yang semakin marak.


    "Kami mengambil langkah yang tidak biasa ini karena ada minoritas dari pengguna yang mengabaikan seranga online yang beresiko sangat tinggi," kata perusahaan itu dalam sebuah posting blog. "Misalnya, seorang wartawan yang perlu untuk melindungi kerahasiaan sumber-sumber mereka"

Bahkan jika seorang hacker entah bagaimana melakukan serangkaian serangan melalui phishing, eksploitasi zero-day atau spyware dan mencoba untuk mengakses akun Google Anda, mereka tidak akan bisa masuk. Untuk mengaktifkan fitur Advanced Protection Google, Anda akan membutuhkan dua kunci keamanan fisik yang bekerja dengan FIDO Universal 2nd Factor (U2F) - yang menawarkan otentikasi dua faktor berbasis hardware yang tidak memerlukan kode rahasia melalui SMS atau email.

Untuk login ke akun Google Anda dari komputer atau laptop akan membutuhkan USB stick khusus saat mengakses dari smartphone atau tablet dan akan membutuhkan dongle Bluetooth-enabled, dihubungkan dengan telepon Anda.

    "perangkat keamanan menggunakan public-key cryptography dan digital signatures untuk membuktikan kepada Google bahwa itu benar-benar Anda,". "Seorang penyerang yang tidak memiliki Kunci Keamanan secara otomatis diblokir, bahkan jika mereka memiliki password Anda."

Perlindungan Lanjutan Google menawarkan tiga fitur untuk menjaga aman akun Anda:
  • Physical Security Key: Masuk ke akun Anda memerlukan kunci keamanan U2F, mencegah orang lain (bahkan dengan akses ke password Anda) dari login ke account Anda.
  • Limit data access and sharing: Mengaktifkan fitur ini memungkinkan hanya aplikasi Google untuk mendapatkan akses ke akun Anda untuk saat ini, meskipun aplikasi Web lainnya akan ditambahkan dari waktu ke waktu.
  • Blocking fraudulent account access: Jika Anda kehilangan kunci keamanan U2F Anda, proses pemulihan akun akan melibatkan langkah-langkah tambahan, "termasuk ulasan tambahan dan permintaan untuk rincian lebih lanjut tentang mengapa Anda kehilangan akses ke akun Anda" untuk mencegah akses akun penipuan.

Fitur Perlindungan canggih tidak dirancang untuk semua orang, tapi hanya untuk wartawan, pejabat pemerintah dan aktivis, yang berada pada risiko target tinggat tinggi oleh pemerintah atau hacker canggih. Saat ini, jika Anda ingin mendaftar dalam Program Perlindungan Lanjutan, Anda akan memerlukan Google Chrome, karena hanya Chrome yang mendukung U2F standard for Security Keys. Namun, diharapakan browser lain dimasukkan dalam fitur terbaru Google tersebut.

Google Menambahkan ESET Malware Detection untuk Chrome. Google juga telah membuat perubahan penting dengan bermitra dengan perusahaan perangkat lunak anti-virus ESET untuk memperluas cakupan deteksi malware dan perlindungan dalam browser melalui fitur Cleanup Chrome. Chrome Cleanup sekarang memiliki mesin deteksi malware dari ESET, yang bekerja bersama-sama dengan teknologi sandbox Chrome.
 
Top