Alessio Fattorini, pemimpin komunitas NethServer, telah menginformasikan tentang ketersediaan umum dan peluncuran langsung sistem operasi GNU/Linux NethServer 7.4 yang berorientasi server. Berdasarkan CentOS 7.4 (1708), rilis terbaru dari sistem server Linux open-source tersebut berdasarkan platform RHEL (Red Hat Enterprise Linux) Red Hat, NethServer 7.4 menggabungkan semua paket dan teknologi streaming, namun juga memperkenalkan beberapa fitur baru.



Sistem ini dirancang khusu untuk membuat kehidupan administrator sistem jauh lebih mudah dan lebih baik, NethServer 7.4 memberikan perbaikan akun Active Directory lokal (AD) secara otomatis menerapkan pembaruan pada Samba DC, yang sekarang ini telah menginjak versi 4.6.8, dan untuk menambahkan dukungan untuk AD, terdapat dukungan lokasi LDAP (lokal).

Selain itu, administrator sekarang dapat memungkinkan mengubah IP dan menyediakan akun AD ke LDAP dan sebaliknya. NethServer 7.4 juga menerapkan mekanisme pembaruan baru untuk memberi tahu pengguna saat rilis baru tersedia, dan memperbarui server VoIP FreePBX dan Asterisk ke versi 14.0.1.8 dan 13.17.0-3.

"Kami yakin bahwa ini akan selalu menjadi rilis yang hebat dan akan mencapai misi kami: membuat hidup sysadmin lebih mudah dengan Open Source. Ini berkat komunitas yang paling bersemangat, mendukung ruang Open Source (dan tidak hanya Open Source saja)," seperti diinformasikan dalam blog resmi NethServer.

Di antara perubahan penting lainnya pada rilis NethServer 7.4 adalah proxy web Squid yang diperbarui untuk navigasi web yang lebih halus, Ntopng 3 sebagai alat pengukuran bandwidth default, bukan Bandwidthd, modul IPS dan antivirus yang disempurnakan, dan update dari server cloud Nextcloud ke versi 12.0.3.

Solusi penyaringan konten web ufdbGuard telah diperbarui juga ke versi 1.33.4, speedtest telah ditambahkan ke panel Diagnostik untuk menguji kecepatan Internet Anda, sekarang mungkin untuk mencegah intrusi dengan rule categories, dan prosedur pemulihan dan peningkatan sistem untuk mendukung konfigurasi NethServer 6.

Webtop telah diupdate ke versi 5.0.13 dengan dukungan untuk integrasi klien Nextcloud dan XMPP. NethServer 7.4 tersedia untuk diunduh sekarang dari situs web NethServer, namun pengguna yang ada dapat meningkatkan versi instalasi mereka melalui Software Center.

 
Top