KDevelop, IDE open-source dan cross-platform yang terkenal (Integrated Development Environment) untuk sistem operasi GNU / Linux dan Microsoft Windows, telah diperbarui baru-baru ini ke versi 5.2.


Hampir setengah tahun dalam pembuatannya, KDevelop 5.2 adalah rilis utama yang memperkenalkan lebih banyak plugin analisa menu Analyzer yang diimplementasikan pada rilis sebelumnya, KDevelop 5.1. Diantaranya, Heaptrack, profiler memori untuk aplikasi Linux yang ditulis dalam C/C++ dan Cppcheck, penganalisis statis untuk bahasa pemrograman C++, yang dapat digunakan di KDevelop secara default.

"Sedikit lebih dari setengah tahun setelah peluncuran KDevelop 5.1, kami dengan senang hati mengumumkan ketersediaan KDevelop 5.2 hari ini," kata pengembang. "Dengan KDevelop 5.1, KDevelop mendapatkan entri menu Analyzer baru yang dilengkapi serangkaian tindakan untuk bekerja dengan plugin seperti analisa. Selama fase pengembangan terakhir, kami menggabungkan lebih banyak plugin analisa ke dalam kdevelop.git yang sekarang dikirimkan kepada Anda"

Perbaikan C++, Python, dan PHP
Terlepas dari plugin analisis baru, KDevelop 5.2 dilengkapi dengan banyak perbaikan untuk bahasa pemrograman C++, Python, dan PHP. Untuk dukungan PHP, rilis ini mengenalkan tipe callable, properti proses dan calls for unsure types, operator gabungan nol dan spaceship coalesce operators, mendukung konstanta non-skalar, mendukung fungsi variadic, dan parsing sintaks PHP7 IIFE.

Ada juga dukungan untuk sintaks Class::{expr}() dari seri PHP 5.4, mendukung fungsi variadic dalam dokumentasi pop-up, kemampuan array saat menggunakan ArrayAccess, dan mendukung function argument unpacking, yang mendapat dukungan sintaks lebih baik. Di sisi lain, dukungan C++ ditingkatkan dengan kinerja kode C++ yang lebih baik.

Penyisipan otomatis titik koma dan beberapa fitur penyelesaian lainnya telah dikirim kembali dari seri KDevelop 4.x, dan aplikasi tersebut sekarang dapat dengan benar melewati berbagai kategori flag kompilator dari sistem build ke analyzer. Simak catatan rilis untuk lebih jelasnya dan unduh KDevelop 5.2 untuk sistem GNU/Linux dan Windows sekarang melalui situs web resmi KDE.

 
Top