Mozilla Firefox Quantum diluncurkan minggu lalu dengan serangkaian perbaikan substansial, termasuk perubahan yang mungkin tidak banyak diperhatikan pada awalnya, namun akan lebih jelasnya saat mereka para pengguna menggunakan browser Mozilla Firefox Quantum. Yahoo telah diganti sebagai mesin pencari default dengan Google, karena Mozilla tampaknya telah menghentikan kesepakatan tersebut dalam upaya memberikan pengalaman terbaik kepada penggunanya.


Sedikit informasi mengapa Mozilla memutuskan untuk menghentikan kemitraannya dengan Yahoo, akan tapi tidak sulit untuk berspekulasi, terutama mengingat penjualan perusahaan Yahoo kepada Verizon dan pemberitaan hacking yang banyak muncul di media baru-baru ini, meskipun belum tentu ada kaitannya.

Kemitraan antara Mozilla dan Yahoo ditandatangani pada tahun 2014 dan seharusnya sampai 5 tahun, namun pada kenyataannya Mozilla melangkah lebih awal meninggalkan kesepakatan mereka, hanya saja dari kerjasama tersebut masih menyisakan pembayaran tahunan hingga $375 juta sesuai dengan ketentuan kesepakatan seperti diinformasikan Recode.

Ini adalah langkah ganda Mozilla, dan perusahaan tersebut mengatakan bahwa pihaknya masih bersedia bekerja sama dengan perusahaan induk Yahoo di industri lain daripada berkonsentrasi dengan mesin pencarian Yahoo.

"Kami menjalankan hak kontrak kami untuk mengakhiri kesepakatan kami dengan Yahoo! berdasarkan sejumlah faktor termasuk melakukan hal terbaik untuk produk kami, upaya kami untuk memberikan penelusuran web yang berkualitas, dan pengalaman konten yang lebih luas bagi pengguna kami. Kami percaya ada peluang untuk bekerja dengan Oath dan Verizon, " seperti dikatakan oleh Mozilla’s chief business and legal officer - Denelle Dixon. Pada saat bersamaan, Mozilla kembali ke mesin Google, karena Google menjadi mesin pencari paling populer dan juga digunakan oleh Chrome dan Firefox.
 
Top