Red Hat hari ini mengumumkan ketersediaan umum sistem operasi komersial Red Hat Enterprise Linux 7.4 untuk perangkat keras ARM. Menandai puncak kolaborasi multi-tahun antara Red Hat dan ARM, Red Hat Enterprise Linux dan ARM beberapa waktu lalu memperkenalkan sistem operasi Red Hat Enterprise Linux 7.4 sebagai bagian dari strategi multi-arsitektur Red Hat karena perusahaan berencana untuk mendukung sebanyak mungkin arsitektur perangkat keras Linux, Seperti dukungan Red Hat Enterprise Linux 7.4 untuk server ARM.


"Tujuan kami adalah untuk mengembangkan platform operasi tunggal di perangkat 64-bit ARMv8-A server-class SoCs dari berbagai pemasok dengan menggunakan sumber yang sama untuk membangun fungsionalitas pengguna dan rangkaian fitur yang konsisten dan memungkinkan pelanggan menyebarkan berbagai implementasi server dalam upaya untuk menjaga kompatibilitas aplikasi," kata Red Hat dalam siaran persnya.

RHEL sekarang berjalan pada produk SoC ARM yang dioptimalkan untuk server, Kerja sama antara Red Hat dan ARM memungkinkan RHEL (Red Hat Enterprise Linux) berjalan pada berbagai sistem SoC server yang biasanya dirancang dengan awan dan hyperscale, namun juga untuk komputasi telco dan edge. Untuk menjalankan aplikasi komputasi berkinerja tinggi, ARM SoCs (System on Chip) menawarkan pilihan ekstra kepada mereka yang mencari produk perangkat keras yang terintegrasi.

Tujuan Red Hat adalah mengembangkan platform operasi tunggal yang akan bekerja di beberapa server SoC ARMv8-A kelas 64-bit dari produsen yang berbeda, namun tetap menyediakan fungsionalitas dan fitur lengkap untuk memungkinkan pengguna menyebarkan Enterprise Red Hat Enterprise ke seluruh penjuru dunia, ke berbagai server. Development Preview Red Hat Enterprise Linux untuk ARM pertama kali diterbitkan pada tahun 2015.

Red Hat bekerja dengan raksasa teknologi ARM seperti Qualcomm dan Cavium, namun juga dengan mitra OEM seperti HPE untuk merancang dan membangun sistem berbasis arsitektur ARM 64-bit a.k.a. ARM64 atau AArch64. Sistem Apollo 70 HPE adalah salah satu produk pertama yang dikirimkan bersama Red Hat Enterprise Linux 7,4 untuk ARM, meskipun juga mendukung SUSE Linux Enterprise Server untuk ARM.

Red Hat Enterprise Linux 7.4 untuk ARM tersedia untuk pembelian dari Red Hat, dan dilengkapi dengan Red Hat Developer Toolset 7, Red Hat Software Collections 3, Namun Development Preview tidak didukung single host KVM virtualization untuk arsitektur ARM. Baca catatan rilis untuk rincian lebih lanjut tentang Red Hat Enterprise Linux untuk ARM dari Red Hat.
 
Top