Belun lama ini pengembang SparkyLinux menyediankan image terbaru SparkyLinux untuk sistem operasi ARMhf untuk komputer single-board Raspberry Pi. Image ARMhf Sparky 4-dev20171127 sekarang tersedia untuk pengujian pada komputer Raspberry Pi, dilengkapi dengan beberapa pengoptimalan dan perubahan. Pengembang memberikan update beberapa aplikasi yang banyak memakan memori sistem dengan varian lebih ringan yang lebih bersahabat dengan RAM 1GB SBC.


Kedua, image SparkyLinux 4-dev20171127 ARMhf memperkenalkan entri menu raspi-config baru, yang memudahkan pengguna untuk mengakses opsi konfigurasi sistem operasi, dan memperbaiki konfigurasi dari Ethernet dan nirkabel (Wi-Fi) melalui NetworkManager Applet.

Jika Anda ingin menginstal SparkyLinux di komputer Raspberry Pi Anda, Anda harus tahu bahwa SparkyLinux untuk ARMhf tersedia dalam dua macam image .img. Yang pertama disebut edisi Lite dan hanya menawarkan pengguna antarmuka berbasis teks, bagus jika Anda ingin mengkonfigurasi sistem sesuai keinginan Anda.

Edisi kedua menyediakan antarmuka grafis yang didukung oleh window manager Openbox yang ringan, dan bahkan dilengkapi dengan beberapa aplikasi yang telah terinstal secara default. Ini adalah versi yang disarankan untuk pendatang baru. Kedua edisi tersebut mencakup perangkat lunak SparkyLinux yang telah dikonfigurasi sebelumnya.

Setelah mendownload image pilihan Anda, Anda perlu menuliskannya ke kartu SD dengan menggunakan petunjuk yang diberikan di wiki. Setelah itu, Anda bisa memasukkan kartu SD pada Raspberry Pi dan baru bisa melakukan booting Sparkline. Pengguna baru bisa menggunakan username dan password default adalah pi/sparky, dan password root adalah toor.

Penting untuk disebutkan di sini bahwa sudo diaktifkan secara default dan layout en_US lokal dan keyboard juga diaktifkan secara default. Namun, mohon diingat bahwa sistem operasi masih dalam pengembangan dan tidak disarankan untuk digunakan untuk pekerjaan produksi apapun. Versi stabil tersedia dalam beberapa bulan mendatang.
 
Top