Linux menjadi OS alternatif yang lebih populer saat ini menyamai popularitas OS Windows Microsoft, Linux tumbuh menjadi platform yang berkembang menjadi ekosistem yang lebih mudah digunakan, namun satu hal yang sangat sering dikhawatirkan pengguna adalah waktu yang dihabiskan untuk melakukan perpindahan dari OS lain ke OS Linux.


Pengguna Windows yang tidak menganggap dirinya cerdas secara teknis mungkin mengalami kesulitan untuk pindah ke Linux terlepas dari distro yang dipilih, dan sebuah tim pengembang Linux menyediakan panduan mudah bagaimana menggunakan Linux Mint yang merupakan turudan dari Linux Debian.

Linux Mint sering disebut sebagai alternatif yang paling user-friendly untuk Windows, dan sekarang benar-benar dapat menjadi pilihan panduan bagi pengguna eks Windows yang disediakan secara terperinci bagaimana seharusnya menggunakan Linux Mint yang baik dan benar.

Panduan yang tersebut tersebut menyediakan beberapa pilihan bahasa, diantaranya panduan dalam bahasa Inggris dan Prancis, panduan ini akan segera diterjemahkan ke lebih banyak bahasa, admin Linux Mint menambahkan bahwa beberapa panduan lainnya juga ada, termasuk ikhtisar distribusi, panduan pengembang, dan pemecahan masalah dan tutorial pelaporan bug.

Ini semua merupakan langkah yang tepat bagi pengguna yang ingin melakukan transisi dari Windows ke Linux, yang benar-benar membuat transisi dari Windows ke Linux menjadi proses yang lebih mudah.Sementara Linux berkembang, Windows terus menjadi pilihan utama untuk PC desktop di seluruh dunia, meskipun upaya yang dilakukan oleh pengembang terhadap front open source setidaknya cukup mengkhawatirkan Microsoft.

Menurut data pihak ketiga yang disediakan oleh NetMarketShare, Windows kini menjadi sistem operasi nomor satu di PC dengan pangsa 88,39%, sedangkan macOS menjadi runner-up dengan 9,05%. Linux berada di posisi ketiga dengan 2,21%.

Dan sementara perbedaan antara Windows dan Linux masih besar, celahnya perlahan berkurang, terutama karena sistem operasi desktop Microsoft turun di bawah ambang batas 90% yang dimilikinya selama lebih dari satu dekade. Ini akan memakan waktu bertahun-tahun sampai Linux dapat menantang pangsa pasar Windows, namun dengan panduan seperti ini, tidak ada keraguan bahwa lebih banyak pengguna setidaknya akan mempertimbangkan untuk beralih ke Linux.
 
Top