Raspberry Pi Foundation's Simon Long mengumumkan ketersediaan umum rilis Debian Stretch untuk Raspberry Pi yang beroperasi untuk PC dan Mac. Mereka telah berhasil memperbaiki Raspberry Pi Desktop OS untuk PCs dan Macs pada sistem operasi Debian GNU/Linux 9 "Stretch" stabil terbaru, dan juga Rilis versi distro Raspbian Stretch untuk Raspberry Pi.


"Hari ini, kami meluncurkan rilis Debian Stretch Raspberry Pi Desktop pertama untuk PC dan Mac," kata Simon Long, insinyur UX di Raspberry Pi Foundation. "Kami juga dengan bangga mengumumkan bahwa kami merilis versi terbaru dari Raspbian Pi."

Sudah hampir setahun sejak Raspberry Pi Desktop diumumkan untuk PC dan Mac, namun tidak mendapat update sejak saat itu, namun karena OS ini semakin populer, Yayasan Raspberry Pi memutuskan untuk memberikan waktu penuh untuk tim pengembang memberikan sistem operasi dan port komponen inti untuk Debian Stretch.

Dengan Debian Stretch ini, tim juga berhasil menerapkan beberapa perubahan pada lingkungan desktop PIXEL berbasis LXDE. Ini termasuk mode cut-down untuk manajer file PCManFM dengan menghapus sekumpulan pilihan atau memindahkan ke dialog Preferensi untuk mempermudah pengguna.

Fitur menarik lainnya yang ditambahkan dalam rilis baru dari Raspberry Pi Desktop ini adalah indikator Battery untuk laptop, yang hilang dari rilis sebelumnya. Indikator Baterai juga nampak tersedia untuk SCDS Raspberry generasi pertama, namun pengguna harus mengaktifkan I2C dalam Konfigurasi.

Dua aplikasi baru telah ditambahkan dalam rilis Debian Stretch berbasis Raspberry Pi Desktop, yang disebut PiServer, yang memungkinkan pengguna menggunakan sistem operasi seperti Raspbian di PC dan kemudian membaginya di beberapa klien Raspberry Pi yang terhubung ke jaringan yang sama, pengguna juga memungkinkan lebih mudah menggunakan pin GPIO dari Raspberry Pi Zero yang terhubung melalui USB ke PC untuk mengakses berbagai aplikasi.

Seperti biasa, pengguna dapat mendownload rilis Raspberry Pi Desktop terbaru dari situs resmi, image dapat ditulis ke flash drive USB, kartu SD, CD, DVD, dll., Image juga dapat di instal pada komputer x86 juga.

Pengguna Raspberry Pi Desktop yang ada juga akan dapat meningkatkan versi Debian Stretch yang baru, namun tampaknya sedikit lebih rumit, jadi Anda harus memeriksa detailnya di pengumuman resmi. Pengguna Raspbian juga harus meningkatkan versi instalasi mereka ke rilis terbaru, yang mencakup perbaikan bug kecil dan tweak, atau mendownload image Raspbian 2017-11-29 untuk instalasi baru.
 
Top